Tips & Trik Sukses Lolos Seleksi Rekrutmen BUMN 2024

Tips & Trik Sukses Lolos Seleksi Rekrutmen BUMN 2024

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Kesempatan bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan karir yang didambakan banyak orang.

Nah, buat Anda yang sudah berhasil mendaftarkan diri dan kini sedang menantikan hasil seleksi dengan penuh antusiasme, Jobstreet by SEEK berbagi tips bagi para peserta agar sukses melewati tahapan-tahapan seleksi berikutnya.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya akan meliputi tes online 1, tes online 2, serta tes seleksi di BUMN. Setiap tahap seleksi akan diumumkan hasilnya melalui laman resmi rekrutmen BUMN.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan menjadi momen penting bagi para peserta, karena hal tersebut akan menentukan apakah mereka akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya atau tidak. Meskipun tanggal pasti pengumuman belum diumumkan, kemungkinan besar pengumuman akan dilakukan sebelum tahapan tes online 1, yang dijadwalkan pada 27 April – 4 Mei 2024.

Untuk memaksimalkan persiapan, berikut Tips & Trik Sukses Lolos Seleksi Rekrutmen BUMN 2024: 

Pelajari tentang BUMN serta posisi pekerjaan yang diinginkan

Selain mempelajari rangkaian tes tertulis yang akan dilakukan untuk rekrutmen bersama BUMN, Anda juga harus mempelajari tentang perusahaan BUMN yang diinginkan. Pahami profil, sejarah, serta perjalanan BUMN tersebut untuk mempersiapkan diri. Selain sebagai informasi pribadi, Anda juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai bidang serta posisi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut.

Pahami contoh soal dan materi rangkaian tes tertulis BUMN 

Pada seleksi tahap awal, terdapat beberapa rangkaian tes yang harus Anda lalui dalam proses rekrutmen bersama BUMN. Oleh karena itu, pelajari secara matang berbagai contoh soal dan materi yang berhubungan dengan tahapan tes yang akan Anda jalani, seperti materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN.

Kabar baiknya, Anda dapat berlatih secara online menggunakan Contoh Soal TKD dan Akhlak BUMN dan Kumpulan Tes Bahasa Inggris BUMN yang ada di situs Jobstreet by SEEK. Selain itu, pahami tentang diri Anda sendiri agar bisa menjawab tes akhlak BUMN sesuai dengan karakter Anda. Anda juga dapat mengasah kemampuan dan belajar menggunakan konten video pembelajaran di situs tersebut.

Persiapkan diri dengan matang untuk tahap wawancara dan jaga kesehatan untuk tahap medical check-up

Jika sudah sudah lolos melalui rangkaian tes tertulis, maka Anda akan mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan matang dengan melakukan mock-up interview dengan percaya diri.

Pastikan Anda juga menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat sesi wawancara. Setelah lolos seleksi wawancara, Anda harus melakukan medical check-up (MCU) di rumah sakit, selalu jaga Kesehatan dalam kondisi prima untuk hasil yang maksimal.

Berhubungan dengan komunitas dan ahli 

Bergabunglah dengan komunitas pencari kerja, juga ikuti seminar ataupun pelatihan yang berkaitan dengan persiapan rekrutmen BUMN untuk mendapatkan tips tambahan dari para ahli. Komunitas Jobstreet di dalam fitur KarirKu dapat Anda manfaatkan untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kehidupan karir Anda, termasuk seputar proses rekrutmen bersama BUMN.

Chief Growth Officer, Marketplace – Talent, Asia, SEEK, Chook Yuh Yng mengatakan, Jobstreet by SEEK menyediakan konten video tutorial dan tips rekrutmen pada KarirKu yang akan sangat berguna bagi para kandidat. “Kami sangat menyarankan kepada para kandidat agar mempersiapkan diri untuk hal-hal detail selama proses rekrutmen agar mendapatkan hasil akhir sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Sementara itu, praktisi SDM Foiman Zega yang juga konten kreator KarirKu menambahkan, Karirku dari Jobstreet by SEEK memberikan informasi dan gambaran yang jelas tentang proses rekrutmen BUMN, sehingga membantu para pencari kerja untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. “Platform ini sangat bermanfaat bagi para anak muda Indonesia yang ingin melamar pekerjaan di BUMN,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here