Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

4 Tips Mudah Menjadi Seorang Pengusaha

Marketing.co.id- Belakangan ini minat menjadi pengusaha terus meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya berbagai lembaga yang menyediakan diri untuk mendorong dan melatih seseorang untuk menjadi pengusaha.

Tentunya, dengan menjadi seorang pengusaha, banyak yang bisa diraih daripada hanya sekadar menjadi seorang karyawan. Berikut bagaimana cara menjadi pengusahan dari Sandiaga S. Uno:

1. Atasi rasa takut

Kebanyakan orang tidak mau menjadi pengusaha karena mereka takut bangkrut, takut tertipu dan lain-lain. Padahal apapun yang kita lakukan pada dasarnya berisiko.

Misalnya, ketika kita hendak menyeberang jalan, tentunya ada resiko tertabrak. Begitu juga dengan menjadi seorang pengusaha, kita bisa meminimalkan resiko dengan menajemen yang baik. Jika tidak sanggup menanggung resiko yang besar kita bisa memilih resiko yang lebih kecil.

2. Modal

Banyak orang yang mengurungkan niatnya menjadi pengusaha karena tidak memiliki modal. Memang, modal itu penting tapi bukanlah yang utama. Yang utama adalah ide. Uang berapapun tidak akan menghasilkan keuntungan jika tidak memiliki ide. Banyak pengusaha yang memulai tanpa modal sama-sekali, dan pada akhirnya perbankan berebut menawarkan modal kepadanya.

3. Berani tampil beda

Di tengah pasar yang kompetitif, menjadi beda merupakan hal yang sangat penting. Dengan berbeda, keuntungan akan lebih besar. Lihatlah sekeliling, apa yang menjadi masalah atau kebutuhan di sekitar anda. dengan demikian anda akan memahami pasar sebelum meluncurkan produk atau jasa.

4. Berani memulai

Lebih cepat lebih baik. Ibarat antrian, yang lebih dulu akan mendapatkan kesempatan lebih dulu. Buanglah keraguan anda, karena jika anda selalu ragu-ragu, maka anda tidak akan pernah memulai, dan anda tidak akan tahu apakah akan berhasil atau gagal.

Jika tidak pernah memulai, maka anda tidak bisa belajar bagaimana menghindari kegagalan dan juga sekaligus tidak pernah mengalami kesuksesan. Anda hanya akan terus berpikir tanpa pernah mencoba untuk melakukan yang anda pikirkan.

Ingat! Pendiri dan pemilik KFC telah gagal 19 kali untuk meyakinkan bahwa ayam gorengnya enak dan laku sebelum akhirnya menemui jalan suksesnya.

Kalaupun terjadi kegagalan di tengah perjalanan, itu merupakan hal yang sangat biasa. Dengan demikian kita memiliki pengalaman, anggap saja hal itu sebagai biaya sekolah.

Jika sampai di sini masih ada keraguan untuk memulai usaha, berarti anda belum memiliki mindset seorang pengusaha. Mindset adalah pola pikir. Seorang pengusaha melihat kendala sebagai peluang.

Ketika orang-orang perkantoran memiliki budaya malas dan memiliki waktu terbatas untuk mencuci, seorang pengusha mendirikan laundry. Dengan mindset ini, seorang pengusaha bisa struggle dan survive. Mulai dari sekarang ubahlah mindset Anda. jika mindset ini sudah terbangun, maka Anda akan memiliki banyak akal, berpikir tidak linier dan mampu mengatasi segala masalah.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top