Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Tips Bersepeda On Road dengan Aman dan Nyaman

Marketing.co.id – Ada yang menarik jika kita perhatian di masa pandemi, yakni munculnya gairah untuk berolah raga. Olah raga dibutuhkan agar tubuh kita tetap fit dan bugar, sehingga bisa imun terhadap serangan virus corona. Salah satu olah raga yang kini nge-tren kembali, yakni bersepeda.

Ical - Tips bersepeda

“Secara garis besar kegiatan bersepeda terbagi dua, yakni di jalan raya (On Road) dan di jalan tanah, berbatu, dan tidak rata (mountain road) … “

Sering kita lihat segerombolan anak – anak dan remaja bersepeda menyusuri jalan raya, bahkan hingga malam hari. Begitu pun orang dewasa, banyak yang berkelompok bersepeda bareng. Bukan hanya di hari sabtu dan minggu, bahkan di hari – hari kerja. Ini bisa kita saksikan pada pagi hari di sepanjang jalan Thamrin dan Sudirman. Dari sepeda dan atribut yang digunakan, tampaknya mereka berasal dari kelas menengah.

Secara garis besar kegiatan bersepeda terbagi dua, yakni di jalan raya (On Road) dan di jalan tanah, berbatu, dan tidak rata (mountain road). Keduanya menuntut jenis sepeda yang berbeda, peralatan & perlengkapan, persiapan dan teknis mengayuh yang berbeda pula. Kali ini, akan dibahas beberapa hal yang mesti diperhatikan untuk kegiatan bersepeda di jalan raya.

Persiapan  Fisik

Komitmen bersepeda harus di rencanakan dengan baik, agar fisik kita tidak drop. Biasakan melakukan pemanasan/pelemesanan otot-otot sebelum dan setelah bersepeda. Bagi pemula jangan bersepeda dengan kecepatan tinggi, karena fisik belum terbiasa.  Selain itu, biasakan makan yang cukup, waktunya 1 jam sebelum bersepeda.

Persiapan Mental

Bersepeda bukan hal yang berat, biasakan dan rasakanlah. Namun perlu diingat jangan terpengaruh oleh lifestyle, jadilah diri sendiri dan fokus kepada apa yang kita punya. Biasanya awal bersepeda kita akan bersemangat. Jangan buru-buru puas, ingatkan diri akan tujuan bersepeda untuk diri sendiri bukan sekadar mengikuti tren.

Sepeda

Persiapkan sepeda dengan baik, tekanan ban, kelancaran rem dan shifter (pengatur gigi), kelancaran pengayuh kaki (crank & pedal), Sadel/Jok, apakah sudah nyaman tinggi dan rendahnya dengan posisi kayuhan kaki dan di saat berdiri di sepeda.

Perlengkapan bersepeda

Jika mempunyai helm sepeda, sarung tangan, pergunakanlah untuk keselamatan diri. Jika perlu pergunakan jaket tipis yang ada reflector nya jika bersepda di pagi atau malam hari. Sepatu sebaiknya yang nyaman di kaki dan di pedal sepeda. Jangan lupa membawa minum dalam botol secukupnya.

Jalur Sepeda

Biasakan pelajari jalur yang akan dilalui, bisa cek di akun medsos pesepeda lainnya. Cari jalur yang aman dari kendaraan bermotor. Biasakan selalu di jalur kiri/jalur khusus bersepeda. Jangan mengobrol dan bergerombol untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selalu patuhi rambu rambu lalu lintas dengan aman dan nyaman.

(Penulis: Ical Hardiyana, Pehobi Sepeda, IG 1cal_hard1)

 

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top