Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

The Footprint Chronicles: Transparansi Ala Patagonia

www.marketing.co.id – Transparansi dan kejujuran merupakan salah satu faktor yang dihargai oleh konsumen, terutama oleh konsumen kelas menengah. Menurut americanprogressaction.org masyarakat kelas menengah merupakan penyumbang jumlah pembelanjaan terbesar di dunia dengan jumlah populasi terbesar.

Kepedulian masyarakat kelas menengah terhadap pelestarian alam sudah meningkat pesat. Mereka mengerti dan peduli pentingnya melindungi dan melestarikan lingkungan. Mereka memulai gerakan-gerakan untuk melindungi dan merawat bumi kita.

Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan berusaha menciptakan produk dan image Go Green. Produk Go Green tersebut dikeluarkan untuk menarik perhatian mereka. Di antara begitu banyak produsen produk ramah lingkungan, Patagonia adalah salah satu yang terdepan.

 

Patagonia mencoba agar bisnis mereka melestarikan dan memberikan dampak sekecil mungkin pada bumi. Hal ini dilakukan dengan menggunakan bahan baku organik, program 1% For The Planet, Common Threads Recycling Programs (bahan yang dapat didaur ulang), dan Enviromental Internship. The Footprint Chronicles  merupakan pembuktian dari semuanya.

The Footprint Chronicles adalah sebuah situs web yang dimiliki oleh Patagonia untuk menunjukkan proses manufaktur mereka. Melalui situs ini konsumen dapat mencari tahu di mana produk tersebut diproduksi, disimpan, dan didistribusikan dengan transportasi apa.

Konsumen juga bahkan bisa melihat profil pabrik, supplier serta pabrik penggilingan Patagonia. Konsumen juga bisa mendapatkan berita terbaru dan referensi dari Patagonia. Referensi tersebut

Patagonia merupakan perusahaan pertama yang membuka proses manufaktur produknya. Patagonia menunjukkan sisi baik dan buruk dari produk mereka. Mereka memperlihatkan pencapaian dan usaha yang belum tercapai yang telah mereka lakukan untuk melestarikan bumi.

Hal ini, dilakukan agar konsumen dapat melihat pembuktian dari janji-janji dan moto mereka. Patagonia bahkan bekerja sama dengan Google Map untuk melengkapi inisiatif The Footprint Cronicles ini.

Pada situs web The Footprint Chronicles, terdapat peta dunia dari Google Map dan pin-pin yang menunjukkan letak pabrik, penggilingan, dan suplier patagonia. Pin hijau untuk pabrik patagonia, pin oranye untuk penggilingan tekstil.

Tambah keterangan apa yang terjadi kalau konsumen mengklik pin-pin itu.

Produk-produk yang dijual secara online dapat dilihat proses produksinya dengan mengklik gambar The Footprint Chronicles di samping gambar produk yang dipilih. Anda dapat menelusuri proses produksinya, seperti jalur transportasi yang ditempuh, lokasi produk tersebut di produksi dari asal bahan yang digunakan.

Pada 2008, The Footprint Chronicles bahkan memenangkan Webby Awards untuk pilihan pemirsa. Hal ini menandakan bahwa usaha Patagonia berhasil mengambil tempat di hati pemirsa. (Clarissa Chen)

(Sumber: www.patagonia.com)

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top