Terapkan Prinsip DfS, Produk Konferensi Video Logitech Dibuat Ramah Lingkungan

Konsumen Logitech kini dapat melengkapi seluruh ruang konferensi dengan teknologi yang ramah lingkungan untuk membantu mengelola jejak karbon mereka

Marketing.co.id- Berita Marketing | Logitech mengumumkan bahwa seluruh perangkat kolaborasi video yang menggunakan sistem operasi CollabOS akan diproduksi dengan plastik daur ulang (next-life plastics)

Produk-produk yang sudah ada, seperti Rally Bar, Rally Bar Mini, Tap IP, Tap Scheduler, dan Scribe, akan diperbarui dengan bahan-bahan yang mengurangi jejak karbon setiap produk. Hal ini bertujuan untuk membantu perusahaan yang membutuhkan mitra untuk mengelola jejak karbon dengan lebih baik.

“Dengan mengubah portofolio perangkat ruang konferensi Logitech ke produk yang lebih rendah jejak karbonnya, kami turut membantu perusahaan-perusahaan lain untuk mengatasi permasalahan program keberlanjutan mereka,” ujar Michael Long, Southeast Asia 2 B2B Lead Logitech.

Michael menambahkan, Logitech tidak hanya mendesain dan membuat produk baru dengan plastik daur ulang dan material rendah karbon lainnya, tetapi juga memperbarui produk yang sudah ada untuk menawarkan para pemimpin TI sebuah cara baru untuk mengevaluasi investasi teknologi di tempat kerja mereka terhadap sistem ruang konferensi yang mencakup aspek manusia dan juga lingkungan. 

Selain itu, Logitech juga melakukan hal ini tanpa menaikkan harga atau mengorbankan kualitas dan performa terbaik yang diharapkan perusahaan dari Logitech.

Sudah seharusnya, upaya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dengan cepat menjadi keharusan dalam menjalankan bisnis. Dalam survei terbaru Frost & Sullivan terhadap para profesional TI, 65% mengatakan bahwa menjadi pemimpin dalam praktik lingkungan, sosial, tata kelola, dan keberlanjutan merupakan tujuan bisnis yang kritis atau sangat penting di tahun mendatang.

Menerapkan prinsip-prinsip Design for Sustainability (DfS) pada portofolio kolaborasi video Logitech, menunjukkan bahwa pelanggan Logitech dapat melengkapi seluruh ruang konferensi termasuk Microsoft Teams Room dan Zoom Room dengan teknologi yang dirancang dengan mempertimbangkan aspek keberlanjutan. Pengembangan ini memperluas kemajuan yang telah dicapai dengan produk-produk untuk ruang kerja pribadi seperti webcam, headset, mouse, dan keyboard.

Design for Sustainability (DfS) 

Prinsip utama DfS adalah penggunaan material sirkular yang dapat diperbaiki, didaur ulang, atau dimanfaatkan kembali dari aliran limbah, termasuk plastik daur ulang pasca-konsumen (PCR) yang oleh Logitech disebut “next life plastics.” 

Produk ruang konferensi terbaru seperti Logitech Sight telah menggunakan setidaknya 50% plastik daur ulang bersertifikat,  pengurangan jejak karbon sebesar 21%, menghindari emisi karbon hingga 1.400tCO2ei per 100.000 unit produk (cukup untuk mengelilingi Bumi sekitar 131 kali).

Selain itu, produk konferensi video Logitech juga memiliki aluminium rendah karbon yang dibuat dengan energi terbarukan dibandingkan bahan bakar fosil, kemasan dari hutan bersertifikasi FSC® dan sumber terkontrol lainnya, 100% kain daur ulang untuk seluruh produk Rally Bar, opsi untuk mengumpulkan dan mendaur ulang peralatan konferensi video lama melalui Logitech Select, dan mode hemat daya yang berpotensi mengurangi dampak karbon Rally Bar dan Rally Bar Mini sebesar 1,65 ton karbon dioksida per unit.

Membuka Akses untuk Dampak yang Lebih Besar 

Logitech berhasil menurunkan emisi Lingkup 3 sebesar 21% pada 2022, dengan tujuan menghilangkan lebih banyak karbon daripada yang dihasilkan pada 2030.  

Untuk mendorong pengurangan karbon dalam skala yang lebih besar dan menstimulasi kemajuan di seluruh industri, Logitech menawarkan untuk membagikan prinsip-prinsip DfS secara terbuka, termasuk alat bantu dan informasi mengenai cara memadukan bahan yang lebih berkelanjutan dalam proses manufaktur kepada organisasi mana pun dalam industri teknologi konsumen yang berminat untuk meningkatkan upaya keberlanjutan mereka. 

Transparansi dan Akuntabilitas 

Dengan semakin banyaknya perusahaan yang meminta pertanggungjawaban untuk mengurangi dampak karbon mereka secara terukur, perusahaan akan mencari vendor teknologi yang menyediakan transparansi melalui indikator kinerja utama, pelaporan, dan sertifikasi pihak ketiga. 

Logitech berada di jalur yang tepat dalam mencapai target 2025 untuk memiliki jejak karbon produk di setiap portofolio produknya sehingga memudahkan calon pembeli dari perusahaan teknologi untuk mengambil keputusan dan juga melaporkan cakupan dampaknya ketika melengkapi kebutuhan tenaga kerja global untuk ruang rapat, ruang kerja pribadi, dan flex desking. Setiap tahunnya, Logitech telah melaporkan kemajuannya dalam mencapai tujuan Climate Action  pada Laporan Dampak 2023. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.