Tawaran KTA Bertebaran, Survei Membuktikan …

Banyak aktivitas perbankan terutama penawaran kredit yang dianggap mengganggu. Namun, ternyata survei membuktikan…

Baru-baru ini, Lembaga Riset Pemasaran Independen Survey One, melakukan Survei Retail Banking. Survei ini dilakukan salah satunya untuk mengumpulkan informasi perihal penilaian nasabah terhadap aktivitas bank-bank di Indonesia selama ini.

KTA_01Hal ini tentunya diharapkan dapat bermanfaat bagi kalangan perbankan dan penyedia jasa keuangan dalam menyesuaikan aktivitas yang dianggap baik oleh masyarakat/nasabah. Berikut beberapa aktivitas perbankan yang diukur oleh Lembaga Riset Pemasaran Independen Survey One :

Berdasarkan grafik di atas, sebanyak 41,7% responden memiliki persepsi bahwa banyaknya tawaran KTA di  mana-mana dipersepsikan baik. Akan tetapi 32,0% tidak terlalu memedulikan atau dengan kata lain biasa saja.

Hal ini dapat menjadi referensi bagi bank bahwa nasabah tidak terlalu risih dengan gencarnya penawaran KTA di mana-mana dan dalam bentuk apapun. Hal ini dapat dipersepsikan juga bahwa, gencarnya penawaran KTA, tidak akan berpengaruh pada menurunnya citra bank yang terkesan jor-joran dalam menyalurkan kredit, malah paling banyak responden mempersepsikan baik.

KTA_02Berdasarkan grafik di atas, sebanyak 46,7% responden memiliki persepsi bahwa banyaknya bank yang menawarkan kartu kredit di mal-mal dipersepsikan baik. Akan tetapi lagi-lagi 28,3% tidak terlalu memedulikan atau dengan kata lain biasa saja.

Hal ini dapat menjadi referensi bagi bank bahwa nasabah tidak terlalu risih dengan gencarnya penawaran kartu kredit di mana-mana dan dalam bentuk apapun. Dan hanya 9% yang mempersepsikan buruk dan 2,3% mempersepsikan sangat buruk.

Mereka yang mempersepsikan buruk dan sangat buruk terkadang merasa risih dengan sales-sales di mal yang membujuk produk kartu kredit. Akan tetapi dengan paling banyak responden mempersepsikan baik dan bahkan 13,7% mempersepsikan baik, maka aktivitas ini tidak terlalu bermasalah untuk diteruskan oleh bank.

KTA_03Berdasarkan grafik di atas, paling banyak responden mempersepsikan baik terhadap penawaran bank dalam memberikan diskon makan jika membayar dengan kartu kredit, yaitu sebanyak 49,0% dan bahkan sebanyak 29,0% mempersepsikan sangat baik. Hal ini tentunya dapat menjadi acuan bagi bank untuk semakin memaksimalkan aktivitas ini. Bahkan jika digabungkan menjadi TTB (TOP TWO BOXES), besarnya persepsi sebesar 78%.

Nantikan hasil survei berikutnya di Youth Marketers edisi mendatang.

Sumber: Survey One

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here