‘Tambang Emas’ Kandidat Profesional Indonesia yang Belum Tersentuh

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Dengan jumlah anggota LinkedIn lebih dari 3 juta orang, Indonesia merupakan salah satu negara pengguna LinkedIn terbesar di dunia.

Di wilayah Asia Pasifik saja, jumlah pengguna LinkedIn sudah bertambah tiga kali lipat. Di antaranya terdapat sejumlah mahasiswa dan sarjana baru lulus yang jumlahnya meningkat 350%.

Meningkatnya jumlah mahasiswa dan sarjana baru tersebut disebabkan oleh semakin banyaknya akademisi yang mulai mengenal sekaligus memanfaatkan LinkedIn untuk memasuki dunia kerja.

Dari studi internal serta survei tahunan yang baru-baru ini diadakan terhadap 100.000 anggota, LinkedIn melihat adanya 4 universitas di Indonesia yang lulusannya paling banyak dicari perusahaan:

Empat universitas di Indonesia di LinkedIn yang lulusannya paling banyak dicari
1 Universitas Indonesia (UI)
2 Universitas Gadjah Mada (UGM)
3

Institut Teknologi Bandung (ITB)

4 Universitas Padjadjaran (Unpad)

Setelah digali lebih jauh, meski potensinya cukup tinggi belum banyak perusahaan yang mencari dan merekrut tenaga profesional yang ada di LinkedIn, terutama dari mahasiswa dan sarjana baru lulus lulusan Indonesia. Lulusan Indonesia kalah pamor dari negara lainnya seperti Singapura.

linkedin

Dari grafik di atas, terlihat bahwa universitas di Singapura, contohnya National University of Singapore, Nanyang Technological University, dan Singapore Management University seluruhnya memiliki lulusan yang dicari oleh perusahaan global.

Walau permintaan akan kandidat profesional Indonesia masih belum setinggi Singapura, tetapi universitas di Indonesia memiliki banyak sekali lulusan yang menunggu untuk ditemukan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia.

Para kandidat ini disebut sebagai ‘untapped hidden gems’ yang bisa memberikan ide-ide baru dan segar yang dibutuhkan perusahaan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan bisnis.

Perusahaan yang hendak merekrut kandidat dari wilayah ini sebaiknya memahami beberapa hal yang menjadi pertimbangan utama bagi mahasiswa dan lulusan baru dalam mencari kerja.

pertimbangan utama sebelum mencari kerja

Grafik di atas menunjukkan bahwa di antara anggota LinkedIn, mahasiswa dan sarjana baru lulus memiliki tiga prioritas utama yang sama dengan para profesional di Asia Tenggara.

‘Kompensasi dan Benefit yang Memuaskan’ merupakan pertimbangan utama mereka dalam mencari kerja, diikuti dengan ‘Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan Yang Seimbang’ serta ‘Jenjang Karier Yang Jelas’.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here