Sukses di Jabotabek, Program Dropbox Sampah Kemasan Berlanjut di Solo

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Nutrifood, Tetra Pak, Super Indo, dan Komunitas Lingkungan Green Movement Indonesia berkolaborasi meluncurkan ‘Dropbox Sampah Kemasan’ di sejumlah gerai Super Indo di Kota Solo. Didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, aksi kolaborasi ini bertujuan untuk mengajak konsumen dan masyarakat Solo agar lebih sadar dan ikut berkontribusi dalam pengurangan sampah ke TPA, khususnya sampah kemasan di kota Solo melalui pemilahan dan daur ulang sampah kemasan.

Aksi kolaborasi Dropbox Sampah Kemasan ini diawali dengan penempatan Dropbox Sampah Kemasan di enam gerai Super Indo di Solo. Jenis sampah yang dikumpulkan pada Dropbox Sampah Kemasan ini mencakup tiga kategori sampah, yaitu sampah kemasan kertas (dupleks, kotak minuman, gelas kertas), sampah kemasan plastik (botol plastik, gelas plastik, tube plastik, sachet atau bungkus plastik), serta sampah kemasan kaca (botol kaca, toples kaca, dan sebagainya) untuk berbagai brand.
Sampah kemasan yang terkumpul akan secara rutin disalurkan ke mitra Bank Sampah di Solo yakni Bina Usaha Mandiri, lalu disalurkan ke berbagai sentra daur ulang untuk diolah menjadi barang-barang yang berguna serta bernilai ekonomi. Khusus untuk bungkus plastik, diolah mandiri oleh Bina Usaha Mandiri menjadi papan daur ulang.
Kolaborasi program Dropbox Sampah Kemasan ini juga turut mendukung pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya pada pilar lingkungan yang tertuang pada target 12 (responsible consumption and production), target 13 (climate action), target 14 (life below water), dan target 15 (life on land).

 Arthaty Mulatsih, Kepala Bidang PSLB3, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Surakarta mengatakan,”Masalah sampah merupakan tantangan yang cukup besar saat ini di Indonesia, termasuk kota Solo. Dengan adanya kolaborasi dari Super Indo, Nutrifood, Tetra Pak dan Green Movement Indonesia serta didukung oleh Bank Sampah Bina Usaha Mandiri Solo ini, kami mendukung sepenuhnya program Dropbox Sampah Kemasan Solo. Saya berharap masyarakat akan semakin peduli akan sampah kemasan untuk mendukung tercapainya Indonesia Bebas Sampah 2030.”

Angelique Dewi, Head of Corporate Communication Nutrifood menambahkan bahwa sebagai produsen makanan minuman kesehatan, Nutrifood berkomitmen untuk mengelola limbah sampah kemasan di seluruh Indonesia secara bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Salah satunya melalui program ini.

Setelah sukses diluncurkan di Jabotabek pada tahun 2020 lalu, Solo menjadi kota kedua program Dropbox Sampah Kemasan bersama Nutrifood, Super Indo, Tetra Pak dan Green Movement Indonesia. Semoga dengan adanya program ini dapat menginspirasi makin banyak pihak untuk melakukan pengelolaan sampah secara lebih bertanggung jawab.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here