Sudah setahun ini Sony menjual Walkman tahan air. Produk itu dikenal dengan Sony Walkman W Series. Baru-baru ini Sony mengeluarkan model terbaru untuk seri ini, yaitu NWZ-W270.
Sebagai wearable devices, key selling point yang sangat tawarkan oleh Sony W Series Walkman tentu saja ketahanannya terhadap air. Namun akan susah bagi Sony untuk menunjukkan kelebihan tersebut di etalase toko. Apalagi jika dibungkus dengan packaging secara tradisional.
Maka dari itu, Sony memilih untuk melakukan hal yang berbeda bagi para pelanggannya di Selandia Baru. Sebuah ide marketing tidak biasa dilakukannya berkolaborasi dengan perusahaan periklanan DraftFCB.
Alih-alih menjualnya di etalase toko biasa, Sony menjual Walkman ini di vending mechine di pusat kebugaran, kolam renang indoor dan toko elektronik. Lebih jeniusnya lagi, Walkman NWZ-W270 ditaruh di dalam botol yang biasa digunakan pelanggan pusat kebugaran. Tentu saja botol itu dipenuhi dengan air sehingga mendapati julukan ‘bottled Walkman’.
Strategi pemilihan packaging ini bukan saja menarik perhatian para pelanggan, tetapi secara langsung mempertunjukkan fungsi perangkat ini. Pemilihan tempat tersebut juga ditetapkan agar Sony Walkman MP3 Player seri W bisa langsung ditemukan dan dibeli oleh target pasarnya saat mereka membutuhkannya.
Dalam video promosinya, Sony mengangkat permasalahan yang dialami oleh olahragawan. Mereka yang senang berolahraga dapat menikmati musik selama melakukan aktivitas itu di mana saja kecuali satu tempat, kolam renang.
“Dengan Sony waterproof Mp3 Player, para perenang juga bisa menikmati manfaat musik ketika mereka berenang. Inilah yang setiap perenang serius inginkan,” ujar Sony pada video tersebut.
Untuk kegunaannya sendiri, seri lain dari produk ini telah diulas oleh beberapa media di internet sejak awal diluncurkan. Pcmag mengatakan, saat digunakan dalam keadaan normal, performa yang diberikan audio NWZ-W 262 – salah satu model dari W series—sangat baik. Suara bass tidak menganggu kejernihan suara bahkan pada volume maksimum.
Sayangnya, kecuali ukurannya pas di telinga sehingga benar-benar kedap air, theglobeandmail mengatakan produk ini menyedihkan ketika digunakan untuk berenang. Suara dan volume dari Mp3 Player ini nyaris hilang setelah pengguna menyelam ke dalam kolam.
Terlepas dari itu, semoga saja dengan NWZ-270, Sony bisa memperbaiki hal tersebut. Ditambah dengan strategi marketing yang tidak biasa ini kemungkinan bisa mendorong penjualan produk Sony tersebut.
Sumber: berbagai sumber