Marketing.co.id – Berita Digital | SleekFlow, platform omnichannel social commerce, berhasil mengirim sekitar 500.000 pesan broadcast dan mendukung lebih dari 100 merek untuk meningkatkan kinerja penjualan sepanjang 2023. Namun, apa saja detail pencapaian SleekFlow sepanjang tahun ini dan strategi apa yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis online di tahun 2024?
Berdasarkan riset konsumen oleh SleekFlow, terdapat tiga pilar utama perilaku konsumen dalam berbelanja. Pertama, 83% konsumen cenderung melakukan window-shopping secara online sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu, kehadiran merek di platform online menjadi sangat krusial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Kedua, 72% konsumen lebih memilih belanja online karena faktor harga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan toko offline. Ini menandakan bahwa merek dengan toko online dan strategi pemasaran yang efektif memiliki peluang lebih tinggi untuk meningkatkan penjualan.
Ketiga, 77% konsumen mengharapkan respons cepat dari percakapan chat dengan merek. Rata-rata, konsumen menginginkan pesan mereka dijawab dalam waktu 1-2 menit, terutama pada bisnis yang memerlukan konsultasi seperti elektronik.
SleekFlow telah membantu merek mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan kesadaran merek secara online, dan meningkatkan penjualan melalui WhatsApp. Selama 2023, 500.000 pesan broadcast dikirim oleh merek untuk mendukung tiga pilar tersebut.
Perwakilan SleekFlow menyatakan bahwa lebih dari 100 merek dari berbagai sektor bergabung dengan platform ini sepanjang 2023, termasuk di antaranya kesehatan & kebugaran, properti, dan ritel. Merek-merek ini memiliki kebutuhan yang beragam mulai dari pemasaran hingga kebutuhan layanan pelanggan seperti otomasi Customer Satisfaction Score (CSAT) dan Frequently Asked Questions (FAQ).
“Saat mengevaluasi tahun 2023, kami mengidentifikasi tiga kebutuhan utama merek, yaitu WhatsApp Business API untuk kebutuhan broadcast, centang hijau, dan otomasi WhatsApp. Kami membangun platform omnichannel dan customer relationship management (CRM) sebagai mitra resmi WhatsApp Business Solution Provider. Kombinasi WhatsApp Business for API (WABA) dengan Omnichannel dan CRM membantu merek meningkatkan interaksi dan mencapai penjualan yang lebih efisien,” ungkapnya.
Beberapa merek yang bergabung dengan SleekFlow mencatat peningkatan prospek penjualan dan kesadaran, antara lain, Pasima, sebuah marketplace mobil bekas yang mengalami peningkatan leads 5 kali lipat dengan Click to WhatsApp dibandingkan dengan iklan halaman pendaratan.
Selanjutnya, Klinik Alana mencatatkan peningkatan reservasi treatment sebanyak 2,5 kali lipat dengan menggunakan broadcast promo. Sementara itu, pengembang properti Kota Baru Parahyangan mencapai open rate pesan hingga 71%, meningkat dari sebelum menggunakan WABA.
Sejauh 2023, SleekFlow telah merilis beberapa fitur baru, termasuk Flow Builder dan AI Inbox. Flow Builder membantu merek membuat alur kerja yang fleksibel, memungkinkan pembuatan pesan otomatis seperti FAQ, pendaftaran, dan reservasi. Sementara itu, fitur AI Inbox membantu merek menjawab pesan dengan lebih cepat dan efisien, menciptakan layanan pelanggan hybrid antara kecerdasan buatan dan manusia.
Dalam menghadapi tahun 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pengembangan bisnis secara umum. Pemisahan yang jelas antara media sosial sebagai alat promosi dan marketplace sebagai platform transaksi akan mempertajam fitur promosi pada platform media sosial. Misalnya, Meta berencana untuk terus mengoptimalkan iklan seperti Click to WhatsApp.
Selain itu, loyalitas konsumen menjadi aspek penting karena beberapa platform marketplace cenderung mengurangi promosi dan menaikkan biaya administrasi. Brand perlu membangun basis pelanggan yang setia untuk mengatasi dampak penurunan promosi dan peningkatan biaya administrasi.
Untuk menyambut tantangan di 2024, SleekFlow menawarkan empat solusi untuk meningkatkan kinerja penjualan dan strategi pemasaran:
Membangun Kesetiaan Pelanggan yang Kuat: Brand dapat membangun interaksi berkala dengan konsumen, meminta saran, atau membangun sistem keanggotaan menggunakan Omnichannel CRM SleekFlow.
Memberikan Ruang dan Waktu untuk Keputusan Pembelian: Database calon pelanggan perlu disimpan agar brand tetap terhubung dan dapat memberikan informasi terbaru.
Mengoptimalkan Channel Promosi dan Komunikasi: Integrasi dengan WhatsApp dan pesan instan lainnya seperti Telegram, Line, dan WeChat memungkinkan brand untuk mencapai pasar ekspor ke luar negeri.
Menangani Tingkat Turnover Karyawan yang Tinggi: Mempertahankan database pelanggan yang teratur dan dapat diakses dengan mudah membantu dalam transisi saat karyawan berpindah, mengurangi kerja manual, dan meminimalkan kehilangan database konsumen.
Perwakilan SleekFlow menyatakan komitmen untuk terus memberikan pengalaman yang mudah bagi brand dalam mengembangkan bisnis mereka. “Kami akan hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan brand mulai dari sales, marketing hingga support. Untuk itu, menyambut 2024, kami akan hadirkan beberapa fitur baru seperti Ticketing, Flow Builder, dan peningkatan AI Inbox,” tambahnya.