Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Sinergi GPM & PP Muhammadiyah Dukung Swasembada Masker

Marketing.co.id – Berita Lifestyle I Gerakan Pakai Masker (GPM), PP Muhammadiyah – yang melibatkan Aisyiyah Gerakan Wanita Muhammadiyah, Majelis Pemberdayaan Sosial (MPS) dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah serta Indonesian Fashion Chamber (IFC) Yogyakarta bersinergi mendukung gerakan pemberdayaan masyarakat untuk swasembada masker di dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Adapun sinergi yang dilakukan berupa penyerahan bantuan mesin jahit dari PT Rintis Sejahtera melalui GPM kepada perwakilan 5 Panti Asuhan dibawah binaan ‘Aisyiyah, dan pelatihan pembuatan masker yang akan dilakukan Indonesian Fashion Chamber (IFC).

GPM

Indro Kussambodo yang mewakili GPM mengatakan, bahwa pemenuhan ketersediaan masker secara nasional menjadi salah satu hal pokok di masa pandemi. Karena masker merupakan salah satu kebutuhan primer untuk menjaga kesehatan serta terhindar dari virus Covid-19. Sebab itu, pemenuhan akan kebutuhan masker untuk jangka panjang menjadi hal penting.

Pemberian bantuan mesin jahit ini adalah langkah awal yang dilakukan oleh GPM. Tahap selanjutnya yakni pelatihan, produksi, hingga memperluas keahlian dalam produksi serta distribusi masker kepada masyarakat. Distribusi masker ini akan dilakukan oleh GPM dan Muhammadiyah atau melalui partner-partner yang ada nantinya.

Sejalan dengan visi GPM mengenai swasembada masker, Pengurus Senior Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lia Mustafa mengatakan, tujuan IFC bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan masker, namun juga perlu adanya aspek fesyen, kenyamanan dan kemananan dalam penggunaan masker. Diharapkan, kolaborasi dan pelatihan ini pun bisa berkembang ke wilayah-wilayah lain.

Wakil IFC Yogyakarta Philips Iswandono menambahkan, saat ini masker menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia. Di sinilah peran dan sumbangsih industri kreatif kepada pemerintah Indonesia dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat, supaya masyarakat dapat membuat sendiri masker yang dibutuhkan dan mereka juga dapat memasarkannya.

“Melalui sinergi ini, IFC berharap dapat berkontribusi dalam banyak hal, terutama dalam hal pendampingan usaha. Pendampingan ini bisa untuk usaha skala rumah tangga, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Membantu ekonomi masyarakat Indonesia memang menjadi perhatian besar IFC,” imbuh dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top