Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Sempat Terdampak Pandemi, KoinWorks Menuju Profit di Penghujung Tahun 2020

Tampilan aplikasi KoinWorks

Marketing.co.id – Berita Digital | Hampir seluruh sektor ekonomi dan bisnis terkena dampak pandemi Covid-19, tak terkecuali fintech. Walaupun menerima dampak positif dalam hal peningkatan akselerasi teknologi, fintech tetap saja menerima dampak negatif dari kemunduran kondisi ekonomi secara umum.

Baca Juga: Pandemi, Penggunaan Aplikasi Fintech Meningkat Signifikan

Di tengah hal tersebut, KoinWorks optimis dapat mempertahankan kinerja bisnis sehingga dapat mendekati target profit melalui setiap inisiatif dan performa positif menuju penghujung tahun 2020 ini.

CEO & Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan, pandemi Covid -19 merupakan situasi tak terduga yang hadir di tengah kehidupan kita secara tiba-tiba dan mengharuskan seluruh masyarakat beradaptasi. Hal tersebut pun dilakukan pula oleh KoinWorks.

Selama pandemi ini, walaupun beberapa rencana dan target mengalami penundaan, namun KoinWorks melakukan penyesuaian strategi dalam menjaga kinerja dan performa bisnis untuk menjadi perusahaan yang lebih kuat setelah pandemi berakhir.

Dengan berbagai langkah tersebut, menuju akhir tahun 2020 ini KoinWorks optimis dapat perlahan tapi pasti mendekati target profitabilitas bisnis dari ragam produk finansial yang ditawarkan.

Baca Juga: Fintech Makin Eksis, Tren Kolaborasi dengan Perbankan Pun Kian Berkembang

Optimisme KoinWorks bukan tanpa alasan, memulai bisnisnya sebagai fintech P2P Lending di sektor produktif sejak 2016, layanan pembiayaan produktif melalui KoinP2P saat ini masih menjadi penyumbang penghasilan terbesar.

Tercatat sepanjang tahun 2020, permintaan pembiayaan produktif melalui KoinBisnis dilakukan lebih dari 30.000 pelaku UKM dengan akumulasi total penyaluran hingga Rp 2.5 Triliun. Dari sisi produk pengembangan aset, KoinWorks mencatat adanya sedikit pergeseran perilaku pengguna.

Terlihat pengguna lebih memilih melakukan diversifikasi aset kepada produk yang cenderung lebih aman dan stabil seperti emas, obligasi dan surat utang negara. Beberapa lini produk yang tahun ini diluncurkan pun terus menunjukan sentimen positif dalam hal kontribusinya pada pendapatan dan profitabilitas KoinWorks ke depannya. Hal ini terlihat dari terus meningkatnya ketertarikan pengguna untuk melakukan pengembangan aset melalui produk diversifikasi aset lain seperti KoinGold & KoinBond.

Demi menjaga stabilitas dan kinerja bisnis selama periode pandemi ini, KoinWorks juga melakukan berbagai inisiatif termasuk efisiensi dalam hal operasional usaha baik untuk internal maupun dalam hubungan dengan pengguna. Seperti lebih memfokuskan pemasaran secara organik juga melakukan pendampingan secara intensif pada pengguna baik peminjam maupun pendana secara daring.

Baca Juga: Potensi Yang Belum Tergali dari Industri Fintech Indonesia

Untuk peminjam UKM, KoinWorks merespon situasi pandemi dengan cukup cepat di awal berkembangnya, sehingga sektor dan pelaku UKM yang berpotensi terdampak langsung pandemi dapat segera di mitigasi dan diberi kesempatan melakukan restrukturisasi sesuai dengan arahan OJK.

Hal ini KoinWorks lakukan dengan tujuan agar juga dapat membantu menyelamatkan bisnis pelaku UKM sebelum terpukul lebih jauh akibat pandemi. Pendampingan juga diberikan kepada pendana dengan menyediakan dana proteksi, program perlindungan dana dan kesehatan. Juga, menyiapkan financial consultant yang secara rutin melakukan edukasi kepada pendana baik secara langsung maupun melalui program webinar setiap bulannya.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top