Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Royco, merek bumbu masak di Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Royco Bumbu Kaldu Rasa Ikan. Produk ini menjadi yang pertama di Indonesia yang dirancang khusus untuk mempermudah masyarakat dalam mengolah berbagai hidangan ikan. Peluncuran ini sekaligus menjadi dukungan Royco terhadap program “Gemarikan” dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertujuan meningkatkan konsumsi ikan di Indonesia.
Menurut data KKP, meskipun Indonesia adalah salah satu produsen perikanan terbesar di dunia, masih ada tantangan dalam mendorong masyarakat mengonsumsi ikan secara rutin. Beberapa tantangan tersebut termasuk anggapan bahwa mengolah ikan itu ribet, ikan berbau amis, dan kurangnya kesadaran akan manfaat gizi dari ikan.
Direktur Pengolahan KKP, Ir. Tri Aris Wibowo, M.Si, menjelaskan, “Kami melihat potensi besar, namun kendala seperti asumsi ribet dan rasa amis masih menjadi halangan. Sejak 2004, KKP mencanangkan program ‘Gemarikan’ untuk meningkatkan konsumsi ikan guna memenuhi gizi dan mencegah stunting. Kolaborasi lintas sektor seperti dengan Royco ini sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut.”
Menanggapi hal itu, Kinanti Rakayantias, Senior Brand Manager Royco, mengatakan, “Sebagai brand bumbu masak nomor 1 di Indonesia, kami ingin membantu para ibu menyajikan hidangan lezat dan bergizi. Royco Bumbu Kaldu Rasa Ikan hadir untuk menjawab tantangan tersebut. Dibuat dari sari pati ikan asli dan lima rempah berkualitas tinggi, bumbu ini akan membuat masakan ikan lebih lezat, praktis, dan bebas amis.”
Royco Bumbu Kaldu Rasa Ikan memiliki empat keunggulan utama, yakni memperkuat rasa alami ikan dengan sari pati ikan asli; dilengkapi rempah-rempah yang lengkap sehingga ibu tidak perlu repot meracik bumbu dari nol; mengandung asam jawa, bahan unik yang efektif mengurangi bau amis; dan cocok untuk berbagai metode masak, mulai dari ikan goreng, bakar, kuah, hingga kukus. Penggunaan produk ini juga sangat efisien, di mana satu sachet dapat digunakan untuk memarinasi satu kilogram ikan goreng.
Selebritas Inul Daratista menyambut antusias kehadiran produk ini. “Masak ikan sekarang jadi gampang banget. Mau digoreng, dibakar, atau dibuat sup, rasanya makin mantap dan amisnya berkurang. Aku jadi makin semangat mengeksplorasi resep ikan yang lebih beragam,” ujar Inul.
Menjelang Hari Ikan Nasional 2025 di bulan November, Royco dan KKP akan mengadakan berbagai kegiatan online dan offline untuk mengampanyekan program “Gemarikan”.