Riset MoEngage: Tingkat Keberhasilan Notifikasi Push di Indonesia Masih di Angka 60%

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | MoEngage melakukan penelitian menggunakan data pelanggan untuk mempelajari dampak aktivitas aplikasi pengguna pada tingkat pengiriman notifikasi push atau push notifications, mengungkapkan bahwa lebih dari setengah notifikasi push di Asia Tenggara tidak terkirim, dengan tingkat keberhasilan hanya 42% di wilayah tersebut.
Push Amplification™, solusi inovatif MoEngage yang menjawab tantangan ini, telah terbukti meningkatkan tingkat pengiriman notifikasi push secara signifikan bagi konsumen di Singapura, Indonesia, dan Filipina.
Karena smartphone terus membentuk perilaku konsumen di ekonomi mobile-first Asia Tenggara, banyak perusahaan beralih ke notifikasi push sebagai saluran komunikasi pilihan agar tetap kompetitif. Namun, 40% hingga 70% notifikasi push tidak terkirim di pasar Android Asia Tenggara karena pengoptimalan baterai yang ketat oleh Produsen Peralatan Asli (OEM) Tiongkok yang mematikan aktivitas aplikasi di latar belakang.
Dengan Android yang mendominasi lebih dari 84% pangsa pasar di wilayah tersebut, setiap notifikasi push yang tidak terkirim berdampak negatif terhadap metrik keterlibatan pelanggan yang penting seperti rasio klik-tayang dan menyebabkan hilangnya peluang untuk melibatkan, mengonversi, dan mempertahankan pelanggan.
Untuk lebih memahami fenomena ini, MoEngage melakukan penelitian pada data notifikasi push dan memperoleh informasi berikut:

  • Tarif pengiriman notifikasi push berbeda di masing-masing industriE-commerce (45%), aplikasi keuangan (28%), perjalanan dan perhotelan (28%), media dan hiburan (7%), aplikasi lain (37%). Hal ini dikarenakan konsumen menggunakan aplikasi tersebut dengan frekuensi yang bervariasi. Misalnya, konsumen dapat mendengarkan musik dari aplikasi streaming audio setiap hari tetapi hanya menggunakan aplikasi pemesanan tiket sebulan sekali.
  • Aktivitas pengguna berperan dalam tingkat pengiriman notifikasi push – Meskipun keterkinian dan jumlah klik berdampak 18% pada keterjangkauan pengguna, jumlah sesi aplikasi berdampak 7% pada keterkiriman atau deliverability notifikasi push.
  • Ada korelasi langsung antara aktivitas terakhir pengguna di aplikasi dan tingkat pengiriman notifikasi push. Tingkat pengiriman tertinggi lebih dari 80% telah diamati untuk aplikasi yang memiliki aktivitas dalam 24 jam terakhir. Angka ini turun setengahnya setelah seminggu, menjadi 44% dan bahkan lebih rendah. Dari semua konsumen yang berhasil menerima notifikasi push, sekitar 73% aktif dalam 2 minggu terakhir.

“Data kami menunjukkan bahwa untuk meningkatkan jangkauan pengguna melalui notifikasi push pada tahun 2022, sangatlah penting bagi setiap bisnis digital di Asia Tenggara untuk mengoptimalkan dan meningkatkan interaksi aplikasi pengguna,” kata Saurabh Madan, Wakil Presiden dan General Manager Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, MoEngage.
“Inilah sebabnya kami mengembangkan teknologi Push Amplification™, untuk menjembatani kesenjangan dan membantu organisasi dalam ekonomi mobile-first ini untuk meningkatkan penyampaian notifikasi push sambil memastikan bahwa North Star Metric mereka terus tumbuh – dan kami telah melihat kesuksesan besar sejauh ini.”
Di Asia Tenggara, teknologi Push Amplification™ MoEngage telah memberikan dampak positif pada tingkat pengiriman notifikasi push pelanggan. Di Indonesia, tingkat pengiriman notifikasi push hanya 60,34%, tetapi dengan Push Amplification™ naik menjadi 72,42%. Saat aktivitas terakhir pengguna pada aplikasi telah melebihi 24 hingga 36 jam, tingkat pengiriman Push Amplification™ adalah 76,02%.
Di Singapura, tingkat pengiriman notifikasi push hanya 57,55%, tetapi dengan Push Amplification™, naik menjadi 91,47% dan meningkatkan rasio klik menjadi 5,19%. Ketika aktivitas terakhir pengguna di aplikasi adalah 1 jam atau kurang, Push Amplification™ memberikan tingkat klik sebesar 8,33%. Sedangkan di Filipina, tingkat pengiriman notifikasi push berada di 68,07%, dengan Push Amplification™ naik menjadi 74,86%. Ketika aktivitas terakhir pengguna pada aplikasi adalah antara 24 hingga 36 jam, Push Amplification™ memberikan rasio klik sebesar 10,97%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here