Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | GoMart, layanan belanja online di aplikasi Gojek kini semakin lengkap dengan perluasan layanan dan fitur yang dihadirkan untuk semakin mempermudah hidup masyarakat di masa pandemi. Peningkatan layanan tersebut seperti penambahan pilihan merchant serta produk terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualitas, perluasan jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia, peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman Emak Jago serta pembaruan fitur.
Evolusi baru GoMart ini turut disambut baik oleh salah satu merchant hypermarket pertama GoMart, yakni LOTTE Mart. General Manager Online Business LOTTE Mart, Tony Suryadi mengatakan “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoMart untuk menawarkan pilihan belanja online di LOTTE Mart bagi masyarakat. Teknologi yang dihadirkan Gojek melalui GoMart ditambah dengan asisten belanja Emak Jago yang telah terlatih di outlet kami memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin berbelanja di LOTTE Mart secara online karena seperti yang kita tahu, pilihan emak-emak identik dengan yang terbaik.”
Head of Groceries Gojek, Tarun Agarwal menambahkan, “Sejak diluncurkan kembali pada 2019 lalu, lewat kerja sama dengan Alfa Group, GoMart telah menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Upaya GoMart dalam berevolusi ini disambut baik oleh masyarakat tercermin dari angka pertumbuhan bisnis GoMart sebanyak 7-8 kali lipat selama pandemi tahun 2020 lalu. Hal ini sekaligus membuktikan bagaimana GoMart menjadi salah satu layanan yang krusial di ekosistem Gojek. Selama pandemi, kami melihat pergeseran perilaku masyarakat dalam berbelanja groceries secara online menjadi lebih reguler sehingga kami secara bertahap berevolusi mengembangkan dan memperluas layanan serta fitur, sehingga masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan grocery mingguannya secara online.”
Tidak hanya peningkatan fitur saja di GoMart namun kehadiran asisten belanja berpengalaman dengan sebutan “Emak Jago”, juga turut memberikan dampak sosial berupa lebih banyak lapangan pekerjaan bagi para perempuan yang mengalami tantangan selama pandemi. Data dari Pusat Hukum Wanita Nasional (NWLC), antara Agustus hingga September, hampir 1,1 juta pekerja usia 20 tahun ke atas keluar dari angkatan kerja. Dari jumlah total tersebut, 865.000 di antaranya adalah perempuan. Hal ini menyatakan bahwa angka perempuan yang terpaksa di-PHK lebih tinggi 4 kali lipat ketimbang jumlah laki-lakinya, yaitu 216.000 orang pekerja.
Asisten belanja Emak Jago merupakan upaya GoMart untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk perempuan dan para ibu. Para Emak Jago ini direkrut dengan mendahulukan keluarga maupun sanak saudara dari para mitra driver Gojek yang juga mengalami tantangan selama masa pandemi. Dengan demikian hal ini dapat menjadi peluang yang baik bagi perempuan agar dapat keluar dari situasi krisis yang diakibatkan oleh pandemi