Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Nespresso memperkenalkan kembali koleksi kopi Reviving Origins. Koleksi ini menampilkan beragam kopi dengan cerita unik yang diperoleh dari perkebunan dan komunitas kopi yang hampir hilang karena faktor eksternal seperti konflik politik, ekonomi, dan bencana alam.
Tahun ini juga merupakan perayaan ke-20 dari program AAA Sustainability Quality™ milik Nespresso. Program ini didirikan untuk menciptakan pertanian dan sumber kopi yang berkelanjutan, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan masyarakat adat, untuk memberikan dampak positif dan jangka panjang dalam melindungi masa depan.
Mark Senior, Senior Vice President dari Kanmo Group, distributor resmi Nespresso di Indonesia, menyatakan, “Selama 20 tahun, program AAA telah menjadi landasan bisnis Nespresso, memimpin komunitas kopi global menuju pertanian yang mendukung regenerasi. Program ini telah memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali varietas kopi yang hampir punah di seluruh dunia, memungkinkan para pecinta kopi menikmati profil rasa kopi yang unik.”
Program AAA Sustainability Quality™ milik Nespresso mengadopsi pendekatan pertanian berkelanjutan yang disesuaikan dengan asal-usul perkebunan kopi. Program ini dikembangkan bersama dengan Rainforest Alliance pada tahun 2003, dengan tiga pilar utama: kualitas, budaya sosial dan lingkungan alam, serta produktivitas.
Program ini juga mencakup tiga penggerak strategis: kualitas, regeneratif, dan inklusivitas. Program ini memberikan kerangka teknis untuk mendukung petani lokal dalam menciptakan pertanian berkelanjutan yang menghasilkan kopi dengan kualitas dan kuantitas tinggi, menjalin hubungan jangka panjang dengan komunitas petani, dan memastikan mata pencaharian yang berkelanjutan.
“Kepedulian kami terhadap kopi, komunitas, dan lingkungan alam mendorong kami untuk membuat program AAA Sustainability Quality™. Program ini dirancang untuk memastikan pasokan kopi berkualitas dalam jangka panjang melalui pelatihan yang memberdayakan petani, sehingga dapat menghasilkan kopi berkualitas premium secara berkelanjutan,” kata Fabio De Gregorio, SEA Business Development Manager, Nespresso.
Program AAA dimulai dengan 300 petani di Kosta Rika pada tahun 2003 dan saat ini melibatkan lebih dari 150.000 petani di 18 negara, termasuk Indonesia. Nespresso telah menanam lebih dari tujuh juta pohon dalam program AAA sejak tahun 2014, menunjukkan komitmen mereka untuk reboisasi dan pelestarian lingkungan. 93% kopi Nespresso berasal dari petani bersertifikat AAA. Investasi Nespresso dalam program ini telah mencapai lebih dari 47 juta CHF.