QolaQ Foundation: Platform Mutual Aid Inklusif Berbasis Web3 Pertama di Indonesia untuk Proteksi Kesehatan dan Jiwa

Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Aset Cerdas Digital menggebrak dunia kesehatan dengan mengumumkan kehadiran platform inovatifnya, QolaQ Foundation, pada tanggal 5 Desember 2023. Sebagai platform berbasis blockchain yang memanfaatkan arsitektur Web3 dan smart contract, QolaQ Foundation menyajikan Mutual Aid Program (MAP) pertama dan inklusif yang menghubungkan individu secara global, memungkinkan mereka saling memberi dan menerima bantuan untuk mengakses fasilitas kesehatan sesuai esensi dasar asuransi.

QolaQ Launching
Peluncuran QolaQ Foundation (5/12 di Jakarta). Berfoto bersama usai peluncuran QolaQ (kika) CTO & Co-Founder Rey Bobby Siagian, COO & Co-Founder QolaQ Lifedoory Hatumessen, CEO & Co-Founder Carta Wallet Teguh Kurniawan H.

QolaQ Foundation, yang mengkhususkan diri pada perlindungan jiwa dan penyakit kritis, merupakan karya anak bangsa di bidang teknologi digital. Inovasi ini menawarkan solusi akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang tidak dapat menjangkau asuransi konvensional dan sekaligus menjawab keraguan akan adanya proteksi yang adil dan transparan.

QolaQ bukanlah perusahaan asuransi

COO & Co-Founder QolaQ, Lifedoory Hatumessen, menyampaikan bahwa QolaQ diilhami oleh esensi dasar asuransi, yaitu kebersamaan (mutuality) dan kebebasan (freedom) melalui perlindungan agar terhindar dari risiko finansial. Namun, perlu dicatat bahwa QolaQ bukanlah perusahaan asuransi dan tidak didukung oleh perusahaan asuransi tradisional.

“QolaQ adalah platform ‘Saling Bantu’ (Mutual Aid) dengan sistem Membership. Kami ingin menghidupkan kembali semangat budaya kearifan lokal, yakni prinsip gotong royong. Prinsip ini kami terapkan dalam mekanisme voting untuk pengambilan keputusan klaim bagi sesama Member komunitas sehingga proses klaim dipastikan tidak bersifat sepihak, tetapi partisipatif dan transparan,” ungkap Lifedoory.

Keunggulan QolaQ terletak pada basis teknologi blockchain dan sifat terdesentralisasinya. Hal ini memungkinkan setiap Member QolaQ untuk memberikan suara (vote) dalam pengambilan keputusan klaim dari Member lainnya. Selain itu, sistem transaksi QolaQ dibangun berbasis Smart Contract Soroban, mengeliminasi struktur biaya seperti biaya agen, premi, dan pemrosesan klaim, yang sering menjadi kendala masyarakat dalam berasuransi.

QolaQ menjalin kemitraan strategis dengan startup insurance technology (insurtech) Rey untuk memperkenalkan inovasi dalam proses klaim. CTO & Co-Founder Rey, Bobby Siagian, menjelaskan bahwa Rey berperan sebagai Claim Scorer yang akan membantu QolaQ dalam proses scoring klaim. Hasil scoring klaim dari Rey akan menjadi dasar bagi Member QolaQ untuk menentukan hasil final klaim secara demokratis melalui mekanisme voting.

QolaQ didukung Rey dan Stellar Development Foundation

Dukungan QolaQ sebagai Platform Mutual Aid Berbasis Web3 tidak hanya berasal dari mitra strategis seperti Rey tetapi juga mendapatkan dukungan kuat dari Stellar Development Foundation. Organisasi non-profit ini fokus membangun infrastruktur blockchain dan teknologi Web3 yang memungkinkan pembayaran cepat, aman, dan terjangkau di seluruh dunia.

Melalui Stellar Community Fund (SCF), QolaQ berhasil mendapatkan pendanaan sekitar USD 150 ribu, sementara pendanaan awal dari berbagai institusional investor mencapai USD 500 ribu. Saat ini, QolaQ tengah menggalang dana untuk pendanaan awal hingga USD 1 juta serta mendapatkan dukungan dari investor lainnya.

Lifedoory Hatumessen menyampaikan optimisme bahwa QolaQ dapat mewujudkan visinya menjadi jembatan global bagi para Member. Dengan target lebih dari 30.000 Member hingga akhir tahun 2024, QolaQ berusaha menciptakan jaringan global yang inklusif, terbuka bahkan untuk WNA yang tinggal di Indonesia atau negara lain. Saat ini, sudah ada 10 ribu orang dari lebih dari 130 negara yang terdaftar dalam daftar tunggu untuk menjadi Member QolaQ, menandakan antusiasme yang tinggi terhadap konsep Mutual Aid yang diusung oleh platform ini.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.