Pupuk Kaltim Rayakan 46 Tahun: Melangkah Maju Menuju Kepemimpinan Industri Petrokimia

pupuk kaltimMarketing.co.id – Berita Marketing | PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) memasuki tahun ke-46 dengan semangat pembangunan dan komitmen kuat untuk menjadi pemimpin industri petrokimia di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Seiring dengan ulang tahunnya, perusahaan yang merupakan salah satu produsen pupuk urea terbesar di Indonesia ini berhasil meraih berbagai prestasi dan pengakuan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sejak pendiriannya pada tahun 1977, Pupuk Kaltim terus berkembang pesat dan saat ini mengoperasikan 13 pabrik di berbagai lokasi. Dengan 5 pabrik Amoniak, 5 pabrik Urea, dan 3 pabrik NPK, perusahaan ini telah membuktikan dedikasinya dalam menyediakan pupuk berkualitas tinggi untuk mendukung pertanian nasional. Tidak hanya itu, perusahaan juga tengah memulai pembangunan pabrik soda ash dan amonium nitrat, menunjukkan komitmen mereka untuk terus berinovasi dan memperluas jangkauan produksinya.

Menurut Teguh Ismartono, Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim, “Setelah berhasil mencatat capaian laba tertinggi sepanjang sejarah berdirinya perusahaan pada tahun lalu, tahun ini kami berkomitmen untuk tidak hanya berorientasi pada profit semata tetapi turut mempertimbangkan faktor keberlanjutan ekologis dan juga humanis dengan memperhatikan secara seksama di setiap langkah yang kami ambil.”

Pupuk Kaltim tidak hanya fokus pada ekspansi fasilitas produksi, tetapi juga menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat. Perusahaan ini telah mengimplementasikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) dan Environment, Social, and Governance (ESG) dalam setiap aspek bisnisnya. Upaya ini tidak hanya menghasilkan pencapaian positif dalam hal keuangan, tetapi juga mendapatkan pengakuan di berbagai bidang.

Salah satu langkah konkrit yang diambil oleh Pupuk Kaltim adalah pengembangan Kawasan Industri Terpadu di Fak-fak, Papua Barat, untuk memperkuat ketahanan pangan nasional. Kawasan ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi stok dalam negeri dan ekspor, tetapi juga untuk membangun pertanian modern di wilayah Timur, khususnya di Papua.

Dalam upaya mengurangi dampak lingkungan, Pupuk Kaltim telah merancang inisiatif untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060. Target pengurangan emisi karbon sebesar 32 persen pada tahun 2030 menjadi fokus utama perusahaan. Melalui konsep sirkuler ekonomi, penanaman 10 juta pohon, penggunaan kendaraan listrik, dan penggunaan energi terbarukan seperti PLTS Atap, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk menjadi agen perubahan dalam memitigasi perubahan iklim.

Di sektor pemberdayaan masyarakat, Pupuk Kaltim menciptakan inovasi program MAKMUR (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) sejak tahun 2020. Program ini tidak hanya meningkatkan produktivitas pertanian petani, tetapi juga memberikan dampak positif pada kesejahteraan mereka. Melalui pendampingan intensif, petani binaan Pupuk Kaltim berhasil mencatat peningkatan produktivitas hasil panen padi dan jagung sebesar 35 persen, mencerminkan komitmen perusahaan dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Prestasi Pupuk Kaltim dalam menerapkan inisiatif ESG dan GCG tidak luput dari perhatian. Perusahaan ini meraih berbagai penghargaan, termasuk predikat Platinum pada Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT), Citra Emas pada Public Disclosure Program for Environmental Compliance (PROPER) dari KLHK, PROPERNAS untuk keenam kalinya di tahun 2022, dan PROPERDA untuk kedelapan kalinya di tahun 2023.

Tidak hanya itu, Pupuk Kaltim juga meraih peringkat pertama dunia dalam sektor agrokimia pada penilaian ESG Risk Rating Sustainalytics dengan skor ESG terkini sebesar 21,3. Teguh Ismartono menutup pernyataannya dengan mengatakan, “Alhamdulillah kami merasa sangat terhormat atas berbagai penghargaan yang kami dapatkan pada tahun ini. Tentunya hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kami dan terus memotivasi kami untuk terus konsisten menggagas inovasi dan implementasi ESG dan GCG demi keberlanjutan bisnis serta tanggung jawab kita pada generasi yang mendatang.”

Sebagai pelopor dalam industri petrokimia, Pupuk Kaltim terus membuktikan bahwa pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan kepedulian terhadap lingkungan adalah kunci menuju masa depan yang lebih baik. Dengan langkah-langkah konkret dan inovasi yang terus menerus, Pupuk Kaltim siap menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.