Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Dukung Jutaan Perempuan Tingkatkan Literasi Keuangan

Marketing.co.id – Berita Financial | PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) memperluas program edukasi Literasi Keuangan bagi Perempuan (Financial Literacy for Women) di Indonesia. Kolaborasi ini melibatkan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sejak 2000, program ini telah menjangkau 17,6 juta perempuan di seluruh Indonesia, meningkatkan pengetahuan keuangan dan kesadaran akan pentingnya proteksi.

Workshop Literasi Keuangan bagi Perempuan bertema “Merdeka Finansial Bukan Sekedar Impian” menjadi wujud lanjutan dari program ini. Kali ini, Prudential Indonesia dan Prudential Syariah berkolaborasi dengan MES, KPPPA, dan OJK. Acara yang diadakan secara daring maupun luring ini dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Mohammad Ismail Riyadi (Kepala Group Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK), serta Dr. Hj. Siti Ma’rifah, SH., MH. (Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah periode 1442-1445 H).

Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyatakan, “Perempuan merupakan kekuatan bangsa dan negara yang akan menentukan pembangunan Indonesia di masa depan. Dengan memiliki pemahaman dasar finansial, perempuan akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan keuangan yang tepat, sehingga merdeka finansial bagi perempuan bukan hanya impian, tapi sebuah realita yang dapat dicapai dengan edukasi, kesadaran, dan tindakan nyata.”

Michellina Laksmi Triwardhany, Presiden Direktur Prudential Indonesia, menekankan pentingnya peran perempuan sebagai penggerak ekonomi nasional. “Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki perempuan yang cerdas dan berdaya. Literasi dan inklusi keuangan menjadi kunci untuk mendukung perempuan Indonesia semakin berdaya, hingga pada akhirnya bisa merdeka secara finansial dan keluarga pun ikut sejahtera.”

Survei OJK tahun 2022 menunjukkan peningkatan indeks literasi keuangan perempuan dari 36,13% (2019) menjadi 50,33% (2022). Program Literasi Keuangan bagi Perempuan dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah berhasil kontributif dalam peningkatan ini, menjangkau 17,6 juta perempuan selama empat tahun terakhir.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah juga telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan edukasi keuangan di empat kota selama 2023, dengan total partisipasi sebanyak 4.528 peserta. Program ini juga mencakup wilayah-wilayah 3T (daerah tertinggal, terdepan, dan terluar) untuk meningkatkan literasi keuangan.

Michellina menyatakan apresiasinya terhadap dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak serta optimisme dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan perempuan yang semakin cerdas dan berdaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.