Marketing.co.id – Berita Consumer Goods I Danone Indonesia melalui Program Warung Anak Sehat menerima penghargaan internasional berupa Gender Equality European and International Standard (GEEIS) Sustainable Development Goals (SDGs) Trophy sebagai salah satu perusahaan dan organisasi yang turut berkomitmen dan melakukan berbagai inisiatif dalam memberdayakan perempuan.
Vice President Marketing Danone Indonesia, Sri Widowati menyatakan, bahwa Program Warung Anak Sehat merupakan salah satu bukti karena dapat berkontribusi pada Kesehatan anak-anak sekolah dalam menyediakan makanan dan minuman yang sehat, hingga memberdayakan Ibu kantin secara finansial dan kesehatan keluarga. Danone ingin mewujudkan komitmen untuk dapat membawa dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial tersebut dengan mendorong kemampuan Ibu kantin untuk mencapai kesejahteraan.
“Warung Anak Sehat adalah bagian dari Sembilan Tujuan Jangka Panjang kami yaitu merangsang pertumbuhan inklusif melalui pemberdayaan perempuan yang merupakan kontribusi kami untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan dalam mempercepat kesetaraan gender. Hal ini sejalan dengan visi “One Planet, One Health” untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat melalui nutrisi dan hidrasi sehat maupun program berkelanjutan,” papar dia.
Sebelumnya Danone Global melakukan proses seleksi internal kepada beberapa program di seluruh unit bisnis di dunia. Program yang terpilih diajukan kepada Board of Committee GEEIS SDG Award 2021, kemudian terpilihlah program Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) yaitu program Warung Anak Sehat yang menerima penghargaan GEEIS SDG Trophy. Apresiasi ini diberikan atas peran dan kontribusinya secara konsisten hampir 10 tahun memberdayakan komunitas pengusaha perempuan mikro, Ibu kantin, di beberapa wilayah di Indonesia.
Danone Indonesia melalui Sarihusada memfasilitasi Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju untuk memiliki keterampilan baru dalam memanfaatkan teknologi agar dapat beradaptasi dengan poros bisnis dan tetap relevan dengan situasi saat ini. Selain itu, Danone Indonesia juga menyediakan platform bagi Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju untuk berjejaring dan menghubungkan dengan komunitas yang lebih luas untuk saling berbagi dan belajar. Selama pandemi, Ibu kantin tetap menerima berbagai pelatihan dan edukasi digitalisasi untuk pengembangan bisnis UMKM agar dapat menjangkau konsumen dengan efektif.
Sebagai wujud dukungan mempercepat kesetaraan gender, sejak tahun 2011, Danone Indonesia melalui Sarihusada rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia melalui program Warung Anak Sehat (WAS). Tercatat pada 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin – dimana 72% diantaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%.
Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya. Danone Indonesia bersama Stellar Women, institusi yang memusatkan kegiatan pada pemberdayaan perempuan Indonesia, dan Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) menjalankan program untuk mendukung dan mendorong perempuan Indonesia untuk berkembang di sektor bisnis, terutama pada UMKM melalui program ‘Stellar Women Entrepreneurship Academy’.
“Pencapaian ini tidak mungkin terjadi tanpa adanya semangat berkolaborasi dari semua pihak, tentunya semua tim Danone, mitra kami Google Indonesia, mitra non-profit lokal kami, lembaga pemerintah lokal, dan terutama para Ibu Pengelola Kantin SGM yang selalu percaya untuk terus bekerja sama. Inisiatif Ibu Kantin SGM merupakan sebuah bukti dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan untuk membuat perempuan lebih berdaya,” tutup Wido.