Marketing.co.id – Berita Marketing | Program akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 telah sukses diselenggarakan di delapan kota sejak dimulai pada 23 April 2024. Kegiatan ini telah berlangsung di Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu, dan Toba, dan dijadwalkan selesai di 12 kota hingga 30 Mei 2024.

Bootcamp AKI 2024 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pelaku ekonomi kreatif di Indonesia melalui berbagai materi pelatihan intensif selama tiga hari di setiap kota. Pada hari pertama, peserta menerima materi mengenai Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, serta Pengelolaan Keuangan. Hari kedua diisi dengan Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, serta Legalitas & Standarisasi Usaha. Hari terakhir ditutup dengan Sosialisasi E-KATALOG dan sesi Coaching Clinic & Mentoring.
Risa, pemilik THE COLD CRAFTERS, produsen kopi cold brewery, berbagi pengalamannya setelah mengikuti Bootcamp. “Materi-materi di Bootcamp bagus, sangat relevan, aplikatif. Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif,” ungkap Risa.
Pengalaman positif juga dirasakan Rici Narita, pemilik NARITA BAKES, jenama bakery dari Kalimantan. “Pengalaman yang luar biasa. Bagi saya ajang ini bagus banget. Di sini saya tidak hanya ketemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan Pak Dwi Purnomo,” kata Rici.
THE COLD CRAFTERS dan NARITA BAKES adalah dua dari total 410 jenama dari seluruh Indonesia yang berhasil lolos mengikuti Fase Bootcamp. Para peserta ini disaring dari 6.680 pendaftar dan dibagi dalam tujuh subsektor ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, Fesyen, Aplikasi, Gim, Musik, dan Film.
Beberapa jenama peserta Bootcamp AKI 2024 menunjukkan kreativitas yang luar biasa. Di antaranya adalah BALIBELL JAM dari Bali yang fokus memproduksi selai rumahan rendah gula dan bahan baku alami, cocok untuk pola hidup sehat. NU’KIEU dari Bogor yang pionir dalam produksi kerajinan berbahan baku bambu tanpa bahan pengawet dan kimia. HOSHIGORU SWIMWEAR dari Bali menggunakan bahan-bahan daur ulang dan less waste material dengan desain multi ways. ARF RACEWEAR, produsen sepatu balap dan hand gloves yang sudah rutin diekspor ke luar negeri. CUCICAR, jenama aplikasi untuk melayani pebisnis cuci dan salon mobil yang berusaha mengurangi biaya usaha melalui aplikasi online.
Setelah fase Bootcamp yang menyisakan empat kota lagi (Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke), tahapan berikutnya adalah pameran yang akan berlangsung di masing-masing kota dan kabupaten hingga Agustus 2024. Rangkaian kegiatan AKI 2024 akan ditutup dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada bulan September 2024.
Program AKI 2024 telah menjadi wadah penting bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk belajar, berinovasi, dan mengembangkan bisnis mereka, sekaligus memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. (Wahid F)