Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Profil Pembaca Majalah Marketing dan Website Marketing.co.id

Marketing – Pada bulan April 2019, Majalah Marketing bersama dengan lembaga riset Survey One mengadakan online survey yang diikuti oleh 100 pembaca Majalah Marketing dan website marketing.co.id.

Dari hasil survey tersebut, kita dapat melihat bahwa mayoritas 84,3% pembaca Majalah Marketing dan Website Marketing.co.id yang setia adalah Pria dan 87,7% merupakan pekerja kantoran. Hal ini berarti bahwa hanya sebagian kecil perempuan Indonesia yang menyukai berita mengenai bisnis dan ekonomi.

Pembaca tersebut juga terlihat hampir setiap hari (74,2%) membaca berita dan hanya 6,7% yang membaca berita lebih dari 1 minggu sekali. Media yang rutin digunakan untuk membaca berita adalah mayoritas lewat Website Online sebesar 66,3% dan diikuti oleh Social Media sebesar 22,5%. Kita dapat melihat bahwa perkembangan jaman digital juga mulai menggerus pasar penonton Televisi, yaitu hanya tersisa 4,5% yang masih rutin membaca berita lewat media Televisi.

Ada hal menarik yang kita temukan bahwa ada perbedaan topik berita yang paling diminati untuk setiap kelompok posisi/jabatan pekerjaan di perusahaan. Pegawai/staff biasa menyukai topik berita mengenai Marketing (40%) dan diikuti oleh Politik (25%). Manajemen tingkat menengah seperti manajer/kabag/kabiro menyukai topik berita mengenai Marketing (48,4%) dan hanya 6,5% yang menyukai berita Politik. Sementara Manajemen tingkat atas seperti CEO dan Direktur menyukai topik berita mengenai Bisnis (51,9%) dan hanya 3,7% yang menyukai berita Entertainment & Hobby.

Dari sini dapat diasumsikan bahwa pegawai/staff biasa sampai pada level manajemen tingkat menengah masih fokus kepada knowledge mengenai Pemasaran/Marketing untuk mendapatkan bonus dan karir yang baik. Sementara manajemen tingkat atas seperti CEO dan Direktur fokusnya terhadap kondisi Bisnis dan Investasi secara keseluruhan.

 

 

(Hartono Yarmantho, Head of Research and Intelligence Survey One)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top