Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Pilih-pilih Situs Crowdfunding

crowdfundingSaat ini, crowdfunding telah menjadi metode alternatif untuk meningkatkan pencarian dana bagi bisnis dan proyek kreatif. Dengan sifatnya yang cair, terbukti model pendanaan ini berkembang pesat.

Pertama kali dipopulerkan oleh Kickstarter.com di Amerika, situs yang memfasilitasi crowdfunding terus tumbuh. Menurut data dari Crowdfunding.org. saat ini tak kurang dari 500 situs crowdfunding aktif tersebar di seluruh dunia.

Di dunia internasional, situs crowdfunding telah menjadi salah satu situs yang dianggap “seksi” oleh kalangan pebisnis dan pelaku kreatif. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

Meski belum tumbuh signifikan, beberapa situs crowdfunding di Indonesia mulai menunjukkan tajinya. Salah satunya adalah Wujudkan.com. Situs crowdfunding yang mulai berdiri Februari 2012 ini sudah dipercaya oleh berbagai proyek, baik komersil maupun tidak.

Karya arsitektur Atap Untuk Rumah Uay, modul pendidikan animasi Bayu dan Elecktra Menyalakan Kota, film non-naratif Epic Java, hingga film layar lebar karya Riri Riza, Atambua 39C” adalah beberapa proyek yang lahir dari situs ini.

Berikut beberapa situs crowdfunding yang bisa Anda gunakan untuk mendanai bisnis Anda. Beberapa situs memfokuskan diri untuk pendanaan proyek-proyek kreatif. Situs lainnya lebih fokus pada pemenuhan kebutuhan spesifik di pasar atau masyarakat.

Kickstarter

Kickstarter mengklaim dirinya sebagai platform pendanaan terbesar bagi proyek-proyek kreatif di dunia. Proyek Kickstarter harus sepenuhnya didanai sebelum pendanaan waktu berakhir atau tidak ada uang yang dihasilkan. Pencipta proyek perlu menawarkan hadiah – produk, manfaat dan pengalaman – untuk pendukung sebuah proyek. Kickstarter terintegrasi dengan Facebook, Twitter, dan menawarkan widget untuk website. Anda akan dikenakan biaya sebesar 5% di luar alat pengolahan pihak ketiga.

IndieGoGo

IndieGoGo menawarkan orang dengan ide – kreatif, cause-related, kewirausahaan – untuk membangun sebuah kampanye dan mengumpulkan uang. Kategori proyek meliputi game, film, desain, pendidikan, mobile, dan teknologi. IndieGoGo juga terintegrasi dengan Facebook, Twitter dan platform media sosial lainnya. Situs ini juga, menawarkan widget untuk menampilkan kampanye pada website Anda.

Tidak seperti kebanyakan situs crowdfunding, Anda dapat menyimpan semua uang yang didapatkan, bahkan jika hasilnya tidak memenuhi tujuan Anda. Selain itu, Anda dapat melacak kontribusi dengan alat analisis yang tersedia. Ketika tujuan terpenuhi, Anda akan dikenakan biaya sebesar 4%.

33needs

33needs memungkinkan semua orang untuk berinvestasi, membuat dampak sosial, dan mendapatkan imbalan keuangan. 33needs mempromosikan bisnis yang dipimpin oleh solusi untuk kebutuhan pasar. Situs crowdfunding ini cocok untuk wirausahawan sosial, bisnis sosial, dan perusahaan dengan misi sosial. Investasi uang ditukar dengan imbalan yang ditawarkan oleh perusahaan crowdfunding, serta poin untuk menebus penawaran khusus.

FansNextdoor

FansNextdoor adalah sebuah platform untuk semua profesional kreatif untuk mempromosikan dan mendanai proyek bersama dengan fans mereka. Buat proyek, tujuan pembiayanan, dan tenggat waktu yang ditentukan.

Jika tujuan pembiayaan terpenuhi atau melampaui batas waktu, semua kontribusi akan ditranfer ke rekening PayPal Anda. Sebaliknya, jika tujuan tidak terpenuhi, semua dana akan dikembalikan. FansNextdoor saat ini gratis, namun, Anda akan dikenakan biaya 3% jika target terpenuhi dan transaksi PayPal dikenakan biaya.

Microventures

Microventures menargetkan perusahaan yang menciptakan teknologi, produk, dan jasa dalam bidang utama, seperti produk bisnis, produk konsumen, elektronik, teknologi online, dan banyak lagi. Jika ingin memanfaatkan situs ini, Anda harus membayar $100. Jika disetujui, rencana bisnis Anda akan terdaftar di website dan apabila sudah selesai, Microventures mengenakan biaya sebesar 10%.

Pozible

Pozible adalah situs crowdfuding asal Australia. Posting proyek Anda dan tawarkan penghargaan tangible dan intangible. Setiap proyek memiliki tujuan pendanaan dan batas waktu yang ditetapkan oleh sang kreator. Jika dana berhasil terkumpul dalam tenggat waktu yang ditentukan, semua dana akan ditrasfer. Jika tidak berhasil, semua dana akan dikembalikan. Biaya Pozible sebesar 5% untuk undangan atau 7,5% untuk pengguna standar di luar biaya pemrosesan pihak ketiga.

Profounder

Profounder adalah platform crowdfunding bagi pengusaha untuk meningkatkan modal investasi dari komunitas mereka. Dengan perangkat Profounder, Anda dapat merencanakan penggalangan dana, membuat pitch, dan menawarkan hal lainnya. Anda dapat memilih berapa banyak pendapatan yang akan dibagi dan berapa lama akan membaginya.

Karena ini bukan pinjaman, pembayaran kepada investor Anda bersifat tidak tetap, tergantung pada keberhasilan Anda. Setiap triwulan selama masa investasi, Profounder membantu Anda menghitung pembayaran untuk para investor serta mengatur pendistribusiannya. Untuk jasanya, Profounder memungut biaya sebesar 5% dari total pendanaan.

Siap mencobanya? Jangan biarkan akses modal menghambat Anda – biarkan kerumunan yang mendanai bisnis Anda. (Cecep Supriadi/Berbagai Sumber)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top