Dunia Digital

Perusahaan Dibalik Kesuksesan CRM Omnichannel Bata

Merek sepatu Bata  memperluas jejak CRM-nya ke Filipina dan Vietnam.

Marketingcoid – Bata kembali menunjuk Capillary Technologies untuk memperkuat strategi CRM omnichannel mereka di Filipina dan Vietnam. Di luar pasar ini, selama lebih dari tiga tahun Capillary Technologies telah menjadi mitra Bata di 6 negara kawasan Asia termasuk Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, India, Bangladesh dan juga tiga negara di kawasan Afrika – Kenya, Zambia, dan Zimbabwe.

Perusahaan berbasis di Singapura ini memperkuat program loyalitas Bata, mengembangkan personalisasi kampanye omnichannel, dan melakukan analisis konsumen dan bisnis di lebih dari 2.000 toko di seluruh pasar di kawasan ini. Dengan tujuan untuk menyediakan platform CRM terpadu pada semua pasarnya, Bata akan memulai rencana pengembangan CRMnya di Filipina dan Vietnam pada paruh waktu kedua 2018.

Roberto Longo, President, Asia Pacific Bata mengatakan, perusahaan ingin menyatukan produk dan teknologi ritel terbaik untuk memberikan pengalaman sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk benar-benar meningkatkan hubungan dengan pelanggan, sangat penting bagi perusahaan menemukan cara berbaur dengan pelanggan di berbagai saluran dan touchpoints yang mereka gunakan dalam berbelanja. Engagement perusahaan dengan pelanggan harus terus konsisten dan terhubung dengan mulus.

 “Capillary Technologies telah membantu kami mencapai ini. Kemampuannya berinovasi secara teknologi untuk membawa kita memasuki pasar Filipina dan Vietnam tidak perlu diragukan lagi,” kata Roberto Longo.

Dengan Capillary Technologies, Bata telah mampu meraih hasil 2,2 kali lebih tinggi dari targeted campaign (kampanye yang ditargetkan) mereka yang dilakukan di Singapura dan setara dengan 57x ROI dengan kampanye Facebook yang dilakukan di Malaysia. Di pasar lain, Bata juga telah mengalami peningkatan ROI sebesar 10 kali lipat dari keseluruhan investasi CRM-nya. Dengan bantuan Capillary pula, Bata telah memenangkan banyak penghargaan, terakhir dinobatkan sebagai penggunaan analitik terbaik dan juga untuk program CRM dan loyalitas mereka di Singapura dan Malaysia secara berturut-turut pada 2018.

“Kami tidak ingin sekadar menjadi sebuah merek sepatu seperti merek-merek lainnya, kami ingin membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan dan menjadi bagian dari kehidupan mereka, ” tambah Longo.

Di Asia Tenggara, Capillary telah memiliki 14 juta pelanggan dan lebih dari 1.400 toko yang aktif di platform-nya, termasuk Mitra10, Bata, Farmasi Caring, TungLok Group, dan McDonald’s. Capillary Technologies baru saja mendapatkan putaran pendanaan US$ 20 juta dari investor blue chip yang ada, Warburg Pincus dan Sequoia Capital.

Capillary berencana mengalokasikan dana tersebut untuk memperkuat kehadirannya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, setelah mencapai pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top