Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Personal Branding dalam Dunia LinkedIn

personal brandingTak hanya di kehidupan nyata, dalam dunia LinkedIn Anda juga perlu ilmu personal branding. Coba bayangkan, bagaimana orang lain akan melihat profil Anda bila Anda tidak jago dalam merekomendasikan diri sendiri dan menuliskannya pada profil.

Banyak manfaat yang didapat dengan membuat akun LinkedIn, seperti menambah koneksi bisnis, meraih konsumen baru, atau adanya perjanjian kerja sama. Untuk itu, membuat akun profil LinkedIn semenarik mungkin itu sangat disarankan. Jika Anda masih bingung mengenai cara menulis profil LinkedIn yang baik, berikut adalah 3 cara sederhananya:

1.       Tunjukkan keahlian Anda

Jangan menceritakan semua pekerjaan, kehidupan pribadi, atau apapun pada LinkedIn Anda secara gamblang. Karena mereka juga sebenarnya tidak terlalu peduli pada semua itu, mereka hanya sibuk memikirkan dirinya sendiri – sendiri. Untuk itu, fokuskan pada siapa yang akan Anda tarik untuk membaca dan apa yang mereka inginkan.

Dengan mengetahui kedua hal tersebut, situs LinkedIn Anda akan menjadi mercusuar sasaran pembaca target Anda.

2.       Buat judul yang menarik

Sama halnya dengan menulis sebuah artikel, judul yang menarik akan membuat orang penasaran dan mengklik untuk membaca lebih lanjut. Jadi pikirkan headspace yang cocok untuk pembaca agar mereka merasa tertarik. Tentunya dengan tidak melupakan aturan yang pertama.

3.       Gunakan istilah profesional

Dalam dunia profesional, kebanyakan orang cenderung lebih terobsesi menggunakan istilah – istilah abstrak yang sulit dimengerti. Pada kasus Vicky misalnya, meski tidak tepat, istilah – istilah yang terkesan keren kerap digunakan. Sementara bagi para audiens, mereka yang menggunakan istilah asing dianggap sebagai golongan yang cerdas.

Begitu juga dalam LinkedIn, menggunkan istilah – istilah menarik akan membuat pembaca Anda semakin tertarik dengan profil yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, bacalah dua pernyataan di bawah ini.

“Saya memiliki pengalaman selama 10 tahun dalam bidang pembuatan website, dan saya selalu berorientasi pada tujuan serta seorang pekerja keras…”

“Saya di sini untuk mengubah website Anda menjadi angsa yang bertelur emas…”

Kira – kira, mana yang lebih menarik? Tentu saja yang kedua. Selain membuat penasaran, istilah asing yang jarang digunakan (angsa bertelur emas) juga meningkatkan kepercayaan serta ketertarikan orang lain.

 

Editor: Wahid Fz

Sumber: Ragan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top