Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Perkuat Ekosistem, Warung Pintar Transformasi Jadi Warung Pintar Group

Marketing.co.id – Berita Digital I Warung Pintar resmi mengumumkan langkah transformasi menjadi Warung Pintar Group yang menghadirkan solusi terlengkap dan inklusif guna mengintegrasi seluruh pemain dalam ekosistem bisnis warung di Indonesia. Transformasi ini merupakan upaya Warung Pintar Group dalam memperkuat perannya dan mempersiapkan akselerasi ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19.

Warung Pintar Group

Agung Bezharie Hadinegoro, CEO Warung Pintar Group mengatakan, “Solusi digital Warung Pintar Group dirancang sebagai kekuatan fundamental yang sangat dibutuhkan untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan di dalam salah satu channel distribusi terbesar di Indonesia.”

Sejak pandemi COVID-19 melanda, dia melanjutkan, terdapat dampak yang sangat signifikan untuk warung. Berdasarkan hasil survei internal Warung Pintar Group, pada awal terjadinya pandemi COVID-19, sebanyak 93% pemilik warung mengalami penurunan penjualan hingga 28%. Di masa sulit ini, menjadi sangat penting semua pihak untuk saling bergotong royong dalam memulihkan kondisi Indonesia.

Warung Pintar Group pun mengambil peran, menyelesaikan masalah tidak hanya di satu sisi pelaku bisnis warung, namun ke seluruh di dalam ekosistem yang merupakan kontributor utama dari sektor ritel Indonesia. Sebesar 74% (sekitar USD 267 miliar) bisnis ritel Indonesia terjadi di channel tradisional, dan jumlah warung adalah 60% dari angka tersebut. Warung juga menjadi channel distribusi utama dengan kontribusi terhadap PDB sebesar empat kali lebih tinggi dari e-commerce. 

Masalah utama pada warung adalah sistem distribusinya berlapis yang menurunkan efisiensinya hingga 20-25%, informasi yang terfragmentasi dan asimetris yang menyebabkan tidak adanya visibilitas data sehingga menghambat pertumbuhan bagi semua pihak, dan banyak pemain yang berusaha membawa solusi hanya pada satu pihak. Hal tersebut mendisrupsi pasar yang akhirnya meningkatkan terjadi skeptisisme adopsi digital pada ekosistem warung.

“Melihat lebih dari 70% konsumsi saat ini terjadi di warung melalui transaksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat, Warung Pintar Group hadir untuk merevolusi setiap pelaku industri di channel retail tradisional dengan menghadirkan solusi-solusi digital sebagai fondasi yang kuat untuk bersama-sama bergotong royong mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia serta menyediakan akses digital yang lebih baik,” imbuh Agung.

Saat ini, Warung Pintar Group memiliki empat solusi digital utama, yaitu Aplikasi Warung Pintar, Aplikasi Grosir Pintar, Warung Pintar Distribusi dan Bizzy Connect yang masing-masing bertujuan untuk secara strategis membantu penguatan kolaborasi antar jalur rantai pasok dari hulu ke hilir.

Warung Pintar Group berhasil mencapai pertumbuhan 100 kali lipat sejak awal 2020 dari segi jumlah warung yang dilayani – dari 5.000 menjadi 500.000. Artinya, 1 dari 7 warung yang ada di Indonesia berada dalam jaringan Warung Pintar Group dengan 106.000 pengguna aktif yang melakukan transaksi setiap bulannya.

Ditambahkan Andrew Mawikere, Presiden Warung Pintar Group, “Warung Pintar Group memiliki misi untuk memberdayakan inklusivitas digital dan ekonomi, dengan menjadikan warung sebagai pintu gerbang utama dalam meningkatkan consuming class yang sedang berkembang di seluruh Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus gotong royong #TumbuhBareng warung, pengusaha grosir, distributor, brand, hingga nantinya #TumbuhBareng Indonesia.”

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top