Perkuat Digitalisasi Perbankan, CIMB Niaga Kembangkan API

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Service | Penggunaan aplikasi berbasis digital saat ini dinilai telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, karena mempermudah dalam memenuhi beragam kebutuhan sehari-hari, mulai dari berbelanja, membayar tagihan, serta memesan makanan ataupun transportasi. Bahkan, kini hampir semua prosesnya dapat dilakukan secara praktis tanpa perlu keluar dari aplikasi yang digunakan, termasuk pembayaran yang melibatkan perbankan.

Kemudahan itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut telah mengadopsi produk dan layanan pembayaran milik perbankan ke dalam sistemnya, melalui Application Programming Interface (API). Seperti diketahui, API merupakan platformopen banking yang dapat memfasilitasi mitra bisnis seperti e-commerce, financial technology (fintech), start-up, dan perusahaan lainnya, untuk mengakses informasi dan mengintegrasikan produk sertalayanan Bank ke dalam platform digitalnya.

Keberadaan API kian penting, karena diyakini dapat membuka akses nasabah terhadap layanan perbankan melalui platform digital mitra. CIMB Niaga juga secara aktif mengembangkan API. Tujuannya untuk memperkuat transformasi dan digitalisasi, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi di berbagai channel, termasuk dari aplikasi yang biasa dipakai.

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan mengatakan, CIMB Niaga senantiasa adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital. Karena itu, CIMB Niaga membuka ruang kolaborasi kepada perusahaan-perusahaan e-commerce, fintech, maupun start-up melalui platform CIMB Niaga API untuk mencapai tujuan bersama, yaitu memberikan layanan maksimal untuk masing-masing customer.

Baca juga: Mencegah Berbagai Serangan Hacking saat Bertransaksi Online

“Pengembangan API memberi peluang yang lebih besar untuk memperluas akses masyarakat terhadap layanan perbankan. Dengan terus bertambahnya mitra yang bekerjasama untuk menggunakan CIMB Niaga API, nasabah akan diuntungkan karena menjadi lebih leluasa dan memiliki banyak pilihan dalam mengakses produk dan layanan kami, termasuk dari aplikasi lain,” kata Anton di Jakarta, Rabu(23/9/2020).

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan
Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan

Anton menjelaskan, salah satu produk CIMB Niaga yang memanfaatkan keunggulan API yaitu OCTO Cash. Inovasi ini memungkinkan nasabah untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dengan cepat, mudah, dan aman cukup dari satu aplikasi e-commerce yang telah bermitra dengan CIMB Niaga. Meskipun melakukan pembayaran dari aplikasi non-bank, nasabah tidak perlu khawatir, karena penggunaan API memungkinkan terjaganya keamanan transaksi.

Baca juga: Ini Fitur Baru BCA mobile, Yuk Cek Apa Saja Keunggulannya!

Pengembangan API di CIMB Niaga tak hanya untuk melayani transaksi pembayaran. Teknologi ini juga dimanfaatkan untuk memudahkan pembukaan rekening secara digital langsung dari platform perusahaan fintech lending dan sekuritas yang telah menjadi mitra CIMB Niaga. Dengan begitu, masyarakat bisa membuka rekening investasi melalui fintech lending ataupun perusahaan sekuritas tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Menurut Anton, implementasi API untuk memfasilitasi berbagai produk dan layanan CIMB Niaga pada aplikasi mitra bisnis dapat meningkatkan efisiensi, mendorong inovasi dan kompetisi yang kondusif, serta mempercepat inklusi keuangan.

“Di tengah situasi yang masih menantang akibat pandemi Covid-19, pemanfaatan teknologi API tersebut sangat relevan karena dapat mendukung transaksi yang sehat dan aman tanpa harus keluar rumah atau bersentuhan fisik dengan benda lain,” ujar Anton.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here