Penjualan Produk FMCG di LazMall Melonjak dalam Tiga Tahun Terakhir

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | LazMall, salah satu kanal unggulan dari Lazada mencatat peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja sebanyak 4,5x lipat dengan jumlah order sebanyak 3,5x lipat untuk kategori Fast Moving Consumer Good (FMCG) dalam tiga tahun terakhir.

Dengan pertumbuhan kategori FMCG termasuk perawatan diri (personal care) dan Kecantikan (beauty) yang diperkirakan mencapai 9,9% YoY di tahun 2031 menurut proyeksi Euromonitor 2023, penjualan kategori produk tersebut juga berpotensi dapat terus tumbuh di LazMall.

Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia mengatakan, meningkatnya kesadaran masyarakat akan personal care dan beauty juga mendorong munculnya brand-brand lokal pada kedua kategori produk itu.

“Lazada berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik dengan produk 100% otentik, khususnya di kategori perawatan pribadi dan kecantikan melalui berbagai kanal khusus seperti LazMall Daily Store, Mother & Baby Store,” tutur Lia dalam acara media gathering, di Jakarta, Rabu (6/9).

Baca juga: Rayakan Hari Pelanggan Nasional, ALVA Berikan Layanan Langsung dari Managemen

Keseriusan Lazada dalam menggarap kategori personal care dan beauty terlihat dari diluncurkannya kanal LazBeauty di platform Lazada pada tahun lalu. “LazBeauty mengukuhkan posisi Lazada sebagai destinasi terpercaya bagi konsumen yang mencari produk perawatan pribadi dan kecantikan berkualitas, dan kami bertekad untuk terus mendukung pertumbuhan brand dalam sektor ini di Indonesia,” tambah Lia.

Lia juga menegaskan, belum genap setahun LazBeauty sudah berhasil menggaet sekitar 2 juta member. Untuk memberikan pengalaman berbelanja produk-produk personal care dan beauty, konsumen bisa memanfaatkan fitur “try on” pada kanal LazBeauty.

Selain memastikan produk otentik, Lazada juga berupaya untuk memperkaya pengalaman belanja online dengan layanan pengiriman cepat dan gratis ongkir, berbagai strategi dan program menarik lainnya. Tidak hanya itu, melalui kanal LazMall, Lazada juga memudahkan konsumen dengan layanan 15 days return guarantee untuk memudahkan konsumen apabila mereka berubah pikiran akan barang yang mereka beli dan juga kompensasi apabila terjadi keterlambatan dalam pengiriman.

Lazada
Kika: Wilson Limandibrata, head of Ecommerce WINGS Group, Lia Kurtz, Category Director, LazMall FMCG, Lazada Indonesia, dan Ratna Purwaningrum, eCommerce Manager Hanasui

Produk Lokal Unjuk Gigi di Lazada

WINGS Group yang bergabung dengan LazMall sejak akhir 2019 mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan di platform ini. Wilson Limandibrata, Head of Ecommerce WINGS Group mengatakan, kehadiran LazMall telah membantu WINGS Group dalam melakukan penetrasi pasar di daerah-daerah potensial dimana produk-produk WINGS Group belum tersedia.

“Melalui berbagai program promosi seperti Gift with Purchase (GWP) dan flash sale yang mendorong konsumen lebih aktif berinteraksi dan melakukan pembelian produk, dampaknya terhadap penjualan kami juga meningkat secara positif di Lazada setiap tahunnya,” ujar Wilson Limandibrata, Head of Ecommerce WINGS Group.

Wilson mengatakan, beberapa produk dari WINGS Group yang penjualannya laris manis di LazMall antara lain popok bayi, tisu basah, dan sampo untuk anak-anak.

Produk lokal lain yang juga sukses di LazMall yakni Hanasui yang memiliki lini produk personal care dan decorative. ”Kami pendatang baru di industri beauty, mulai hadir tahun 2016. Hanasui adalah brand lokal yang sedang berkembang dan kami punya pabrik di Cibitung, Cikupa,” tandas Ratna Purwaningrum, eCommerce Manager PT Eka Jaya Internasional (Hanasui).

Menurut Ratna LazMall telah memberikan dampak yang signifikan bagi brand Hanasui dengan membantu meningkatkan brand awareness melalui eksposur yang strategis, serta peningkatan penjualan yang substansial. “Beberapa produk base make up kami juga diluncurkan secara eksklusif di Lazada dan selalu menghasilkan kinerja yang sangat baik,” tutur Ratna.

Ratna mengungkapkan, berbagai kemudahan dan pengalaman dari belanja daring berdampak positif pada pertumbuhan Hanasui. “Dalam tiga tahun terakhir penjualan kami tumbuh 205 persen,” tuturnya.

Baca juga: VIVA Cosmetics Menggebrak Pasar Skincare dengan VIVA Triple Serum

Untuk diketahui, Hanasui adalah salah satu brand lokal Indonesia penerima penghargaan “LazMall Superstar Award” di LazMall BFF 2023, Singapura pada 31 Agustus 2023 lalu. Hanasui bergabung di Lazada sejak 2019 dan saat ini memiliki lebih dari 190 produk yang ditujukan untuk memberikan rangkaian lengkap produk perawatan dan kecantikan untuk konsumen.

“Lazada juga ahli dalam membaca momen dan kebutuhan konsumen pada waktu
yang tepat, yang dapat mendukung produk unggulan kami. Contohnya, tren perawatan kulit saat ini mengharuskan perlindungan kulit dari polusi, dan melalui inovasi kami, Hanasui menampilkan sunscreen dengan kandungan Polustop di toko kami yang memberikan eksposur yang tepat sasaran dan efisien kepada konsumen di LazMall,” tambah Ratna.

Lazada 9.9 Mega Brands Sale

Brand-brand di Lazada mendapatkan kesempatan untuk memanjakan konsumen mereka di
momen 9.9 Mega Brand Sale pada 9 – 13 September 2023 mendatang. Pada kesempatan dihadirkan berbagai program dan promosi menarik, antara lain bonus dadakan yang sudah dapat dikumpulkan dari tanggal 1 – 13 September dan dapat digunakan sebagai potongan harga langsung sebesar 7 ribu Rupiah setiap pembelian 60rb di tanggal 9 – 13 September 2023 dan tentunya pengiriman yang cepat dan gratis ongkir.

Di 9.9 Mega Brands Sale yang akan datang, konsumen juga bisa mendapatkan promo
diskon hingga 50%, banyak hadiah langsung (GWP), harga spesial untuk member LazBeauty dan beberapa exclusive launch dari brand ternama seperti Jo Malone, Kate Spade parfume dan Lancome perfume.

Sebagaimana dituturkan Wilson, produk-produk WINGS Group ada yang didiskon hingga 90 persen saat 9.9 Mega Brands Sale. Di sisi lain, konsumen juga tidak perlu ragu untuk membeli produk-produk beauty dari Hanasui, karena harganya sangat terjangkau. “Produk serum kami ada yang harganya Rp20.000,” tutur Ratna.

Mengenai 9.9 Mega Brands Sale, Lia mengatakan, “Ini adalah langkah LazMall untuk terus menyediakan pengalaman belanja terbaik, memastikan brand dan konsumen merasakan ekosistem belanja berkualitas di platform LazMall untuk mendukung pertumbuhan bisnis mereka dan memastikan konsumen mendapatkan produk berkualitas dan pengalaman belanja online yang tak terlupakan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here