Penggunaan Motor Listrik Secara Masif Mampu Atası Polusi

Marketing.co.id – Berita Otomotif | Polusi udara yang akhir-akhir ini melanda kawasan Jabodetabek membuat banyak kalangan berpikir untuk mempercepat konversi dari kendaraan bermotor berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi pabrikan otomotif listrik roda dua untuk meningkatkan penetrasinya pasarnya.

Tak mengherankan Direktur Utama PT Terang Dunia Internusa (TDI) produsen motor listrik United E-Motor, Stephen Mulyadi merasa optimistis penggunaan kendaraan listrik mampu mengurangi polusi udara di DKI Jakarta.

Stephen menjelaskan, pada 2022, jumlah sepeda motor pengguna BBM di Jakarta lebih dari 17 juta unit, dan menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar di ibu kota.  “Untuk itu, peralihan sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik akan cenderung mengurangi polusi udara secara signifikan,” ujar Stephen saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Hal senada diungkap Menteri Perhubungan Budi Karya saat menghadiri Fun Ride yang digelar Asosiasi Industri Sepeda Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta. Dia mengimbau masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik. “Kalau penggunaannya masif, diharapkan bisa menurunkan polusi terutama di kota-kota besar,” jelas Budi.

Baca juga: Investor Beri Suntikan Dana Setengah Triliun untuk Startup Motor Listrik MAKA Motors

Budi mengatakan, Presiden Jokowi terus mendorong pemakaian kendaraan listrik untuk sarana transportasi publik, serta mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Salah satunya dengan mengakselerasi industri sepeda motor listrik, baik kendaraan baru maupun konversi.

Seperti diketahui, polusi udara di Jakarta menjadi sorotan belakangan ini. Situs IQAIR.com merilis, kualitas udara DKI Jakarta menembus angka 152 AQI US pada Senin (14/08). Sedangkan di hari Selasa (15/08) mencapai 162 AQI US yang menempatkan Jakarta pada urutan kedua kota dengan polusi terburuk di dunia.

United E-Motor
Direktur Utama PT Terang Dunia Internusa (TDI), Stephen Mulyadi

Kondisi tersebut tentu memaksa pemerintah untuk mengambil upaya dalam mengatasi kualitas udara yang kian memburuk. Dalam Ratas (Rapat Terbatas) yang dilakukan bersama jajaran menterinya di Istana Kepresidenan pada Senin (14/08), Presiden Joko Widodo mengeluarkan beberapa arahan dalam upaya untuk mengurangi polusi udara di ibu kota.

Baca juga: Asuransi Kesehatan Langkah Mitigasi Risiko Akibat Paparan Polusi Udara

PT TDI merupakan perusahaan lokal yang menaungi merek sepeda United Bike dan motor listrik United E-Motor. Hingga saat ini, mereka telah merilis empat tipe motor listrik dari United E-Motor, yaitu T-1800, TX-1800, TX3000 dan MX-1200.

PT TDI sangat serius dalam mengembangkan produk motor listrik yang sangat ramah lingkungan, serta memiliki teknologi yang ter-up-to-date dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here