Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

NRC 2022 Cara Nutrifood Rangkul Peneliti Muda Untuk Indonesia Sehat

Marketing.co.id – Berita Marketing | Mengawali tahun 2022, Nutrifood Research Center (NRC) kembali membuka pendaftaran NRC Fellowship 2022 bagi para peneliti muda Indonesia, khususnya peneliti di bidang kesehatan. NRC Fellowship merupakan program pelatihan dan bimbingan bagi para peserta (mahasiswa S1 dan S2) untuk membekali diri dengan kemampuan perencanaan dan eksekusi riset yang berkualitas. Peserta yang terpilih akan memperoleh dana untuk merealisasikan proposal penelitian yang diajukan.

 

Bertepatan dengan dibukanya NRC Fellowship 2022 ini, Nutrifood mengadakan acara NRC talk secara virtual yang diikuti oleh mahasiswa S1, S2 dan dosen dari berbagai universitas serta perguruan tinggi di Indonesia. Mereka mendapatkan pemaparan langsung dari empat narasumber terkait antara lain: Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc. yang merupakan Guru Besar FMIPA Institut Pertanian Bogor serta tim juri NRC Fellowship 2022, Angelique Dewi selaku Head of Corporate Communication Nutrifood, Felicia Kartawidjaja Putra sebagai Manager Nutrifood Research Center, serta Natasya Teonata, mahasiswa S1 Food Technology Universitas Ciputra Surabaya yang merupakan salah satu penerima NRC Fellowship 2021.

Tahun ini, NRC Fellowship secara spesifik mengangkat salah satu subtopik penelitian terkait inovasi produk berbasis nabati (plant-based) yang memiliki potensi sebagai pangan fungsional. Nutrifood melihat bahwa plant-based food merupakan salah satu tren pangan masa depan di dunia. Melalui NRC Fellowship 2022, Nutrifood berharap dapat mendukung lahirnya penelitian terkait inovasi produk pangan fungsional berbasis nabati di Indonesia yang tidak hanya sehat, namun juga baik bagi bumi.

“Data World Health Organization (WHO) menyebutkan 66% penyebab kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular. Faktanya, sebagian besar penyakit tidak menular ini salah satunya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, termasuk konsumsi gula, garam dan lemak (GGL) yang berlebih. Melalui NRC Fellowship 2022, diharapkan muncul berbagai inovasi produk rendah gula, garam dan lemak yang dapat membantu konsumen untuk mengikuti pola makan yang lebih sehat.” ujar Felicia Kartawijaya, Manager Nutrifood Research Center (NRC).

Senada dengan Felicia, salah satu tim juri NRC Fellowship 2022 yaitu Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc. yang merupakan Guru Besar FMIPA Institut Pertanian Bogor menambahkan bahwa peneliti muda Indonesia memiliki kompetensi untuk dapat bersaing secara global bersama tim peneliti dari berbagai negara lainnya. Hal ini telah terbukti dengan adanya peneliti dari Indonesia yang masuk menjadi anggota tim dari vaksin Astrazeneca yang digunakan untuk mencegah virus Corona. Konsistensi tim NRC merupakan bukti bahwa Nutrifood memberi perhatian di bidang kesehatan melalui program ini.

Natasya Teonata, mahasiswa S1 Food Technology Universitas Ciputra Surabaya yang merupakan salah satu penerima NRC Fellowship 2021 mengungkapkan, “Sebagai salah satu penerima NRC Fellowship 2021, saya merasa sangat terbantu dengan bimbingan untuk melakukan perencanaan dan riset. Proposal penelitian yang saya ajukan sangat didukung dengan baik oleh Nutrifood dan membuat saya ingin menjadi salah satu tim peneliti muda seperti yang dilakukan oleh peneliti dari Indonesia dari salah satu tim pembuat vaksin Astrazeneca.”

Program NRC Fellowship 2022 akan dibuka mulai 10 Januari hingga 11 Februari 2022. Pada tahap awal, peserta diharapkan dapat mengirimkan abstrak berisi ide proposal penelitian terkait salah satu dari tiga subtopik berikut, yakni:

  1. Inovasi produk rendah gula, garam & lemak (#batasiGGL) untuk mencegah penyakit tidak menular.
  2. Inovasi teknologi pangan sebagai strategi menghasilkan produk rendah gula, garam & lemak (#batasiGGL).
  3. Inovasi produk berbasis nabati (plant-based) dengan potensi sebagai pangan fungsional dan mendukung kelestarian lingkungan.

Peserta yang berhasil lolos seleksi tahap awal akan mendapatkan sesi pelatihan penelitian dari tim NRC, dilanjutkan dengan proses seleksi wawancara dan presentasi di depan para dewan juri. Tim yang berhasil terpilih sebagai awardee NRC Fellowship 2022 akan mendapatkan pendampingan dari tim NRC selama penelitian serta dukungan dana penelitian dengan total senilai ratusan juta rupiah. Untuk informasi lebih lanjut terkait NRC Fellowship 2022 bisa dilihat di laman Nutrifood.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top