Industri Peralatan Rumah Tangga Indonesia Diproyeksi Naik 10% Pada 2017

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

mozaik-housewares-gift-showMarketingcoid – Mozaik Housewares & Gift Show – satu-satunya pameran bisnis di industri peralatan rumah tangga, desain dan cinderamata di Indonesia – akan kembali digelar pada 5-8 Oktober 2017 di Jakarta.

Pada penyelenggaraan yang kedua ini, pantia tak hanya menargetkan peserta dari Indonesia. Namun juga dari Asia Tenggara (Asean) dan Australia.

Bukan tanpa sebab, dengan populasi ke-4 terbanyak di dunia dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Asean, hingga pertengahan tahun 2016, Indonesia tercatat memiliki pertumbuhan GDP sebesar 5,18%.

Kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menarik dan dilirik perusahaan asing untuk berinvestasi dan berbisnis.

Besarnya jumlah penduduk dan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah menjadi keuntungan tersediri bagi Indonesia hingga didaulat sebagai pasar ritel yang kuat dan terbesar di kawasannya.

Bahkan, permintaan pasar domestik Indonesia di industri peralatan rumah tangga diproyeksikan naik 10% pada 2017 mendatang.
 
Pasar ritel di Asean sendiri tergolong beragam, berskala besar dan berkembang secara pesat. Dimana sebagian besar negara-negara di Asean dianggap sebagai pasar menarik yang masih akan terus berkembang.

Masyarakat kelas menengah, yang memiliki pendapatan rata-rata lebih tinggi, merupakan konsumen potensial dari pasar ritel dalam jangka panjang.

Dan, pada tahun 2020 diproyeksikan bahwa populasi kelas menengah di Asean akan mencapai 400 juta orang, dimana kelompok ini memainkan peran penting sebagai konsumen potensial di pasar ritel.

Berdasarkan penelitian Euromonitor International pada 2015, Indonesia adalah satu di antara lima negara berkembang yang memiliki kelas menengah dengan potensi terkuat di periode 2015 – 2030.
 
Untuk meraih kesempatan dan memenuhi permintaan pasar, maka penyelenggaraan ke-2 pameran Mozaik Housewares & Gift Show akan menampilkan lebih banyak merek dari sektor peralatan rumah tangga, yang diharapkan akan menarik lebih banyak buyers internasional.

Pada penyelenggaraan pertamanya Maret 2016 lalu, pameran ini diikuti lebih dari 100 perusahaan lokal dan internasional dan berhasil menarik lebih dari 5.000 buyers, dimana 16% pengunjung berasal dari mancanegara.
 
Lia Indriasari, Presiden Direktur Nine Events sekaligus organizer pameran mengungkapkan keyakinannya bahwa penyelenggaraan yang kedua ini akan menarik lebih banyak buyers internasional. 

“Dengan konsep baru, Mozaik Housewares & Gift Show siap menjadi tujuan utama produk-produk housewares & gift di Indonesia, untuk buyers internasional, terutama dari Asean dan Australia,” ungkap Lia.
 
Berbeda dari pameran serupa lainnya, Mozaik Housewares & Gift Show akan menampilkan peralatan rumah tangga serta produk cinderamata yang inovatif dan kreatif, dan dikemas dengan display yang sangat menarik.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here