Peran marketing dalam sebuah perusahaan sangatlah penting. Marketing merupakan ujung tombak yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
Terus menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu tugas marketer. Hal itu dimaksudkan untuk mempertahankan sekaligus memuaskan pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang puas dapat merekomendasikan produk atau perusahaan ke pelanggan lain.
Dalam konsep marketing diajarkan bahwa kegiatan marketing suatu perusahaan haruslah dimulai dengan usaha mengenal dan merumuskan keinginan serta kebutuhan konsumen. Kemudian, perusahaan menyesuaikan kegiatan agar dapat memuaskan kebutuhan pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien.
Menyadari arti penting marketing bagi keberlangsungan hidup dan kemajuan suatu perusahaan, dalam seminar Indonesia Brand Summit beberapa waktu lalu, Handi Irawan, penggagas Top Brand Award, memperkenalkan secara resmi tanggal 1 April sebagai Hari marketing Indonesia (HAMARI). Hadir dalam peresmian HAMARI Prof. Kevin Lane Keller, penulis buku brand paling berpengaruh di dunia saat ini.
HAMARI merupakan hari di mana perusahaan merayakan kreativitas dan inovasi mereka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan diselenggarakannya HAMARI adalah untuk memberikan masa depan yang lebih baik dan lebih cerah bagi perusahaan hingga konsumen.
HAMARI menggunakan logo yang memiliki jenis font berkarakter tegas dan dinamis, sesuai karakter marketing, yakni suatu proses yang membutuhkan keluwesan yang dinamis namun tegas dalam penyampaian. Siluet manusia melukiskan kedinamisan gerak seorang marketer. Lingkaran yang menaungi sang marketer mengilustrasikan kesinambungan proses marketing.
Sedangkan dua pintu terbuka mengilustrasikan bahwa marketing merupakan suatu proses input dan output, proses yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan. Kombinasi wana merah dan biru melambangkan sebuah keberanian dan kemantapan serta kedinamisan yang membumi.
Berbagai aktivitas akan dilakukan dalam menyambut HAMARI, seperti lomba kreativitas, pemberian special price, peluncuran produk baru, dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya. Tidak hanya itu, untuk menyambut HAMARI yang tinggal 10 hari lagi, bertempat di Hotel Four Season, Jakarta, hari ini diadakan seminar Hari Marketing Indonesia.
HAMARI didukung oleh Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMI), Asosiasi Peritel Indonesia (APRINDO), serta Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI).
Editor: Sekar Ayu