Menuju Pemasaran Efektif

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Pemasaran adalah proses untuk mengomunikasikan nilai suatu produk atau jasa kepada para pelanggan. Hal tersebut bisa ditafsirkan sebagai seni untuk menjual.

Pemasaran  dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian menjadi keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Konsep ini, dimulai dari pemenuhan produk, penetapan harga, pengiriman barang, dan mempromosikan barang.

Pemasar sebaiknya memilki konsep dan prinsip dalam pemasaran  agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemasar, terutama kepada pihak konsumen yang dituju.

Berikut langkah sederhana menuju pemasaran efektif

1. Bangun komunikasi dengan pelanggan

Komunikasi yang baik dengan pelanggan adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis. Apapun produk dan jasa jika diinformasikan dengan komunikasi yang baik dan menarik akan dapat diterima di pasar. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian para konsumen.

2. Pahami kebutuhan mereka

Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Sebisa mungkin dengarkan keluhan dan keinginan mereka sebagai pelanggan. Jika perlu penuhi kebutuhan yang mereka cari , sehingga konsumen akan semakin loyal dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

3. Buat testimoni kepada para pelanggan

Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk atau jasa yang direkomendasikan oleh kerabat atau teman dekat.  Maka dari itu coba buat  pengakuan melalui testimoni terhadap pelanggan Anda yang merasa puas.

Testimoni tersebut salah satu daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan. Dengan begitu mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Ikuti perkembangan teknologi saat ini

Perkembangan teknologi saat ini sudah semakin pesat. Salah satunya teknologi digital yang sangat membantu dalam dunia pemasaran. Pemasaran dunia digital ini dapat menjangkau konsumen dari berbagai lapisan

Dengan perkembangan tersebut  cara mempromosikan sebuah produk pun semakin mudah. Pemasaran produk bisa lewat media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. (entrepreneur.com )

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

 

 

1 COMMENT

  1. Mengikuti perkembangan teknologi saat ini penting banget ya. Karena orang2 saat ini lebih banyak menggunakan internet, kayanya internet marketing akan lebih efektif.
    Menggunakan influencer marketing juga bagus kak, jadi melalui orang-orang berpengaruh di sosial media untuk mempromosikan produk kita. *edited*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here