Mengembangkan Perusahaan Menggunakan Internet

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

www.marketing.co.id – Di era yang serba digital sekarang ini, internet menjadi tempat yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai wadah mempromosikan barang maupun jasa.  Dengan menggunakan media digital ini, pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

Digital marketing sangat penting untuk menunjang kelancaran perusahaan, terlebih lagi melihat perkembangan konsumen yang sekarang serba mengandalkan internet.

Sebenarnya strategi apa sih yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk sukses di dunia digital?

Terdapat dua strategi pada digital marketing berdasarkan cara menyampaikannya, yaitu tarik  dan dorong.

Di dalam strategi tarik ini, konsumen berperan aktif dan dilibatkan langsung dalam prosesnya. Perusahaan memuat informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkannya di situs atau website/blog,  kemudian konsumen akan dengan sukarela melihat informasi tersebut. Inilah yang dimaksud strategi tarik.

Ni Ki Cio, merupakan salah seorang fashion blogger  yang namanya cukup dikenal oleh masyarakat  Indonesia. Setelah blog nya cukup dikenal, dia membuat line bajunya sendiri dan menjualnya di toko offline. Tidak berhenti di situ, Ni Ki Cio menggunakan kepopulerannya di kalangan blogger untuk memuat informasi mengenai line baju yang dibuatnya tersebut di blog pribadinya. Dari blog pribadinya tersebut, Ni Ki Cio bisa membuat strategi digital marketing secara gratis dan konsumen pun melakukan strategi tarik  yang dijelaskan di atas.

Strategi kedua adalah strategi dorong , di mana perusahaanlah yang aktif menjual “barang dagangan”nya. Terdapat berbagai  macam cara untuk menerapkan strategi ini, misalnya lewat email, social media, website, adwords, search engine, dan lain lain.

Ketika perusahaan menerapkan strategi ini, perusahaan bisa memilih sasaran konsumen secara khusus sesuai dengan marketing yang ingin dilakukan. Selain itu, perusahaan juga mengirim pesan marketing sesuai dengan kriteria konsumen.

Ponds Indonesia melakukan digital marketing yang cukup mencolok di pasar Indonesia. Ponds memanfaatkan social media youtube untuk memasarkan product knowledge. Ponds menyelenggarakan kompetisi membuat video dimana konsumen harus menyanyi sambil mempromosikan produk-produk Ponds. Dari kompetisi tersebut, Ponds ingin memperkuat product knowledge  dari konsumennya.

Apa pun strateginya, Digital Marketing sekarang ini harus sudah mulai dilirik oleh semua perusahaan agar tetap bisa mengimbangi kemampuan konsumen dalam mencari informasi. Menurut marketer blogger Amal Agung Cahyadi, “Digital marketing means knowing how internet works and how people using it”.

Jadi, selama perusahaan mengenal konsumennya dan mengetahui intermediaries internet apa yang cocok untuk dirinya, maka Digital Marketing yang dilakukan bisa membuahkan hasil.

Penulis: Natasha Jane – STIE Prasetiya Mulya