Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Monday, October 20, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Instagram
Linkedin
TikTok
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home UMKM Mengapa Harus Rebranding ?
    • UMKM

    Mengapa Harus Rebranding ?

    By
    Wahid
    -
    January 16, 2012
    0
    [Reading Time Estimation: 2 minutes]

    Rebranding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit.

    Rebranding sebagai sebuah perubahan merek, seringkali identik dengan perubahan logo ataupun lambang sebuah merek. Dengan kata lain, ketika melakukan rebranding maka yang berubah ialah nilai-nilai dalam merek itu sendiri.

    Pada umumnya sebuah perusahaan melakukan rebranding karena beberapa alasan:
    1. Alasan finansial. Perusahaan secara finansial melakukan reorganisasi dan sebuah identitas baru diperlukan untuk hal itu.
    2. Adanya manajemen/kepemimpinan baru. Untuk mengiringi awal kepemimpinannya, mereka ingin “tanda atau simbolnya” sendiri di perusahaan yang dipimpinnya.
    3. Analisa prospektif pasar. Setelah sekian tahun perusahaan perlu menegaskan kembali targetnya dan merencanakan mengubah positioning-nya pada area yang baru, sehingga perlu citra yang baru pula untuk merefleksikan hal tersebut.
    4. Merger. Beberapa perusahaan bergabung menjadi satu perusahaan yang baru dengan nama baru, menjadi alasan untuk tampil baru.

    Ada beberapa alasan lain dilakukannya rebranding dalam sebuah perusahaan yaitu:
    1. Identitas dari perusahaan tersebut tidak dapat mewakili pelayanan dari perusahaan tersebut.
    2. Perusahaan tersebut sudah memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat.
    3. Perusahaan tersebut ingin memberikan sesuatu yang baru, berupa pembenahan dalam perusahaan.

    Rebranding memakan waktu yang lama karena harus mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya faktor internal dan eksternal.

    Faktor internal misalnya, perusahaan harus mempertimbangkan secara matang apakah perubahan ini membawa pengaruh yang besar bagi karyawannya dalam menjalankan tugasnya, karena karyawan harus memperkenalkan kembali logo baru tersebut ke masyarakat.

    Faktor eksternal ialah masyarakat dan stakeholder. Perusahaan harus mempertimbangkan juga apakah dengan perubahan brand, masyarakat memahami maksud dan tujuan yang hendak dicapai perusahaan.

    Untuk menciptakan brand sebuah perusahaan tidaklah mudah. Ada dua komponen penting yang perlu dipertimbangkan, yakni tampilan dan bahasa.

    Tampilan berhubungan dengan logo bisnis atau produk. Sebuah logo yang efektif seharusnya :
    – Unik dan menarik bagi target market.
    – Mampu menggambarkan sifat alami bisnis, produk, atau servis. Hal ini dapat ditafsirkan dengan dua cara yaitu literal dan abstrak.
    – Tidak mudah usang/ketinggalan jaman karena pergantian waktu (tahan lama).
    – Dapat diterapkan dalam semua konteks potensi komunikasi.

    Aspek yang sama pentingnya dalam membuat brand ialah bahasanya atau cara mengungkapkannya. Hal ini sering dijelaskan sebagai tagline atau cara memposisikan pernyataan. Hal ini digunakan untuk meyakinkan konsistensi dan kelanjutan dari kedua hal yaitu penampilan dan bahasa menggambarkan perusahaan yang sekarang kepada pelanggan.

    Contoh perusahaan BUMN yang pernah melakukan rebranding antara lain Bank Mandiri, BNI, Indosat, Pertamina, Pegadaian, Pos Indonesia, Bulog dan Garuda Indonesia. Sementara perusahaan swasta yang melakukan rebranding antara lain BII, Danamon dan Garudafood. (Wachid Fz/berbagai sumber)

    • TAGS
    • alasan rebranding
    • brand
    • logo
    • logo bisnis
    • rebranding
    Previous articleBakrieland Rebranding Pasar Festival
    Next articlePersonal Magnetism in Selling
    Wahid
    Wahid

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi OKTOBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • Galaxy S25 FE Rilis Bawa Galaxy AI dan Komitmen Software 7 Tahun October 19, 2025
    • MODENA Food Hub Kolaborasi Lintas Sektor di Hari Pangan Sedunia October 19, 2025
    • Federal Oil Komitmen Lindungi Konsumen October 19, 2025
    • Frekuensi 1,4 GHz Senjata Baru MyRepublic Kebut Jaringan October 18, 2025
    • Tim Chicaglow MS Glow for Men Sumbang Dua Pelari di Top 10 Tercepat Indonesia Chicago Marathon 2025 October 18, 2025
    • Timezone Mal Taman Anggrek Hadirkan Konsep Modern ‘Next Level of Fun’ October 18, 2025
    • Crystalin & Tango Luncurkan Kemasan Spesial “Sky Explorer” Bareng Garuda Indonesia dan Tahilalats October 18, 2025
    • 10 Strategi Ampuh Mengalahkan Pesaing dan Mendominasi Pasar October 17, 2025
    • Menyiapkan Generasi Penerus ASEAN Lewat Nilai-Nilai Family Business October 17, 2025
    • Kunci Kesejahteraan Pekerja di Era Biaya Hidup Tinggi October 17, 2025

    EDITOR PICKS

    RenewFeed Sukses Konversi 1,2 Ton Sampah Makanan Menjadi Pakan Unggas Gratis

    October 17, 2025

    “Senjata Digital” Bagi Hostel, Guesthouse dan Homestay untuk Akuisisi Tamu

    October 15, 2025

    5 Tips Jaga Kebugaran Seru Bareng Pikachu

    October 14, 2025

    POPULAR POSTS

    DESIGN:JAKARTA Resmi Debut di Art Jakarta 2025

    October 15, 2025

    Secret Garden Luncurkan Koleksi Extrait de Parfum ‘Scent Embraced by Time’

    October 16, 2025

    Pentingnya Memahami Visual Produk untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Nilai Jual

    October 14, 2025

    Free Download

    Edisi Oktober 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Instagram
    Linkedin
    TikTok

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami