Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Saturday, September 6, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home UMKM Mengapa Harus Rebranding ?
    • UMKM

    Mengapa Harus Rebranding ?

    By
    Wahid
    -
    January 16, 2012
    0
    [Reading Time Estimation: 2 minutes]

    Rebranding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik, dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit.

    Rebranding sebagai sebuah perubahan merek, seringkali identik dengan perubahan logo ataupun lambang sebuah merek. Dengan kata lain, ketika melakukan rebranding maka yang berubah ialah nilai-nilai dalam merek itu sendiri.

    Pada umumnya sebuah perusahaan melakukan rebranding karena beberapa alasan:
    1. Alasan finansial. Perusahaan secara finansial melakukan reorganisasi dan sebuah identitas baru diperlukan untuk hal itu.
    2. Adanya manajemen/kepemimpinan baru. Untuk mengiringi awal kepemimpinannya, mereka ingin “tanda atau simbolnya” sendiri di perusahaan yang dipimpinnya.
    3. Analisa prospektif pasar. Setelah sekian tahun perusahaan perlu menegaskan kembali targetnya dan merencanakan mengubah positioning-nya pada area yang baru, sehingga perlu citra yang baru pula untuk merefleksikan hal tersebut.
    4. Merger. Beberapa perusahaan bergabung menjadi satu perusahaan yang baru dengan nama baru, menjadi alasan untuk tampil baru.

    Ada beberapa alasan lain dilakukannya rebranding dalam sebuah perusahaan yaitu:
    1. Identitas dari perusahaan tersebut tidak dapat mewakili pelayanan dari perusahaan tersebut.
    2. Perusahaan tersebut sudah memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat.
    3. Perusahaan tersebut ingin memberikan sesuatu yang baru, berupa pembenahan dalam perusahaan.

    Rebranding memakan waktu yang lama karena harus mempertimbangkan beberapa faktor, di antaranya faktor internal dan eksternal.

    Faktor internal misalnya, perusahaan harus mempertimbangkan secara matang apakah perubahan ini membawa pengaruh yang besar bagi karyawannya dalam menjalankan tugasnya, karena karyawan harus memperkenalkan kembali logo baru tersebut ke masyarakat.

    Faktor eksternal ialah masyarakat dan stakeholder. Perusahaan harus mempertimbangkan juga apakah dengan perubahan brand, masyarakat memahami maksud dan tujuan yang hendak dicapai perusahaan.

    Untuk menciptakan brand sebuah perusahaan tidaklah mudah. Ada dua komponen penting yang perlu dipertimbangkan, yakni tampilan dan bahasa.

    Tampilan berhubungan dengan logo bisnis atau produk. Sebuah logo yang efektif seharusnya :
    – Unik dan menarik bagi target market.
    – Mampu menggambarkan sifat alami bisnis, produk, atau servis. Hal ini dapat ditafsirkan dengan dua cara yaitu literal dan abstrak.
    – Tidak mudah usang/ketinggalan jaman karena pergantian waktu (tahan lama).
    – Dapat diterapkan dalam semua konteks potensi komunikasi.

    Aspek yang sama pentingnya dalam membuat brand ialah bahasanya atau cara mengungkapkannya. Hal ini sering dijelaskan sebagai tagline atau cara memposisikan pernyataan. Hal ini digunakan untuk meyakinkan konsistensi dan kelanjutan dari kedua hal yaitu penampilan dan bahasa menggambarkan perusahaan yang sekarang kepada pelanggan.

    Contoh perusahaan BUMN yang pernah melakukan rebranding antara lain Bank Mandiri, BNI, Indosat, Pertamina, Pegadaian, Pos Indonesia, Bulog dan Garuda Indonesia. Sementara perusahaan swasta yang melakukan rebranding antara lain BII, Danamon dan Garudafood. (Wachid Fz/berbagai sumber)

    • TAGS
    • alasan rebranding
    • brand
    • logo
    • logo bisnis
    • rebranding
    Previous articleBakrieland Rebranding Pasar Festival
    Next articlePersonal Magnetism in Selling
    Wahid
    Wahid

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi AGUSTUS 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • From Disney Star to CEO: Ara Grace Kembali dengan Misi Baru yang Berani September 6, 2025
    • LG Luncurkan Visi “AI Home” di IFA 2025, Tawarkan Gaya Hidup Pintar dan Personal September 5, 2025
    • Cussons Baby Luncurkan Rangkaian Cuddle Calm September 5, 2025
    • Hari Pelanggan Nasional 2025: BCA Tegaskan Komitmen Dampingi Nasabah di Setiap Langkah September 5, 2025
    • Di Momen Hari Pelanggan Nasional Primaya Hospital Kedepankan Semangat Pemulihan September 5, 2025
    • GAC Indonesia Ungkap Keunggulan AION UT, Penghematan Biaya Mobilitas Tembus 80% September 5, 2025
    • Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Adira Finance Gelar Program Spesial “Terima Kasih Sahabat” September 5, 2025
    • MIDO Luncurkan Jam Tangan Multifort TV Chronograph Perdana di Dunia September 5, 2025
    • Hari Pelanggan Nasional 2025: Bank Mega Syariah Berikan Layanan Cek Kesehatan Gratis untuk Nasabah September 5, 2025
    • ARCHE, Inovasi Terbaru untuk Atasi Rambut Rontok dengan Teknologi Chitosan September 4, 2025

    EDITOR PICKS

    Ecolab & SCG Perkuat Kemitraan 5 Tahun untuk Net Zero dan Keberlanjutan

    September 3, 2025

    Hasil Survei TOP BRAND INDEX 2025 FASE – 2

    September 1, 2025

    From Disney Star to CEO: Ara Grace Kembali dengan Misi Baru yang Berani

    September 6, 2025

    POPULAR POSTS

    Rahasia UMKM Sukses Menjaga Loyalitas Pelanggan

    September 3, 2025

    Customer Obsession, Strategi Bank Raya Membuat Nasabah Jatuh Cinta

    September 4, 2025

    Jawab Keresahan Pekerja Soal Biaya Hidup: Perusahaan Perlu Meninjau Ulang Paket Kompensasi

    September 1, 2025

    Free Download

    Edisi SEPTEMBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Facebook
    Instagram
    Twitter
    Youtube

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami