Menembus Pasar Ekspor Melalui MicroMentor

Marketing.co.id – Berita UMKM | Pada 2010, Utary Dewi mengembangkan Dear Mimi, sebuah usaha rumahan kecil yang memproduksi baju anak-anak. Usaha ini terus ditekuninya hingga mulai mencoba mengekspor produknya ke luar negeri.

Awalnya, fashion designer asal Denpasar, Bali, ini merasa kesulitan mengembangkan produknya karena tidak memiliki akses bantuan mentor sama sekali. Kemudian, Utary semakin gencar menambah ilmu melalui beragam pelatihan, webinar, seminar, hingga akhirnya pada 2020 bergabung dengan MicroMentor, sebuah platform mentoring dan pelatihan bisnis yang mempertemukan wirausaha dan relawan mentor bisnis.

Sejak bergabung di MicroMentor, Utary bertemu dengan wirausaha yang memiliki bisnis yang sama. Sehingga, Utary dapat berbagi dan belajar dari pengalaman sesama wirausaha. Pada tahun yang sama Utary mulai mengembangkan sebuah pelatihan bernama Kelas Etsy.

Inisiatif ini bermula sejak Utary melihat banyak temannya yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan harus dirumahkan akibat pandemi. Utary kemudian tergerak membagikan kisah usahanya yang berhasil dipasarkan ke mancanegara lewat platform Etsy. Tak disangka, Utary mendapat banyak respon positif.

“Menurut saya, tantangan terbesar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk go international adalah kualitas barang. Terkadang UMKM mengejar kuantitas agar dibeli orang lebih banyak, namun menurunkan kualitasnya demi mendapatkan harga yang lebih murah. Saya mengajarkan kepada mereka bagaimana kualitas harus tetap dijaga dan produk bisa awet,” ujar Utary. Ia menambahkan, selain kualitas barang, pengiriman juga merupakan hal yang perlu diperhatikan UMKM.

Semangat Utary untuk terus mengembangkan diri juga tercermin dari prestasi yang diperolehnya. Utary mendapatkan kesempatan mengikuti kursus singkat lewat beasiswa Australia Awards: Enhancing Market Integration for MSME Business Leaders in Creative and Cultural Industries. Utary memulai kursus singkat pada Mei 2023 sekaligus melakukan studi banding industri kreatif dalam rangka meningkatkan kerja sama pasar Indonesia-Australia.

Tidak hanya itu, Utary yang terpilih sebagai Master Mentor yang diadakan MicroMentor, juga memenangkan penghargaan “Master Mentor of the Month” sebagai mentor teraktif yang paling banyak mendampingi UMKM pada Mei 2023, di mana hingga saat ini terdapat lebih dari 900 wirausaha yang tergabung menjadi binaan Utary melalui Kelas Etsy.

MicroMentor adalah platform mentoring dan pelatihan bisnis online secara gratis pertama di Indonesia yang hadir melalui Mercy Corps Indonesia, yang didukung Bank Commonwealth dan Mastercard Center for Inclusive Growth. Platform ini menyediakan pelatihan yang meliputi manajemen usaha, pemasaran, keuangan, hingga keamanan siber.

Sejak diluncurkan 2019 hingga 2023, sebanyak 300.106 pengusaha kecil dan menengah dan 33.619 mentor telah bergabung dengan MicroMentor, dan telah menghasilkan 624.015 interaksi. Pencapaian MicroMentor turut mendukung target pemerintah yaitu transformasi digital 30 juta pelaku UMKM, serta mendukung target Kementerian Koperasi dan UKM yaitu kontribusi ekspor produk UMKM Indonesia bisa menembus 17 persen pada tahun 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.