Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Memahami Investasi Saham: Pengertian, Tips, Keuntungan, dan Kerugian untuk Pemula

pasar finansial

Ilustrasi pasar saham

Marketing.co.id – Berita Financial | Popularitas Investasi saham kian meningkat, banyak orang yang ingin mempelajari dan berkecimpung di dalam investasi ini. Dengan kemajuan yang ada saat ini, banyak cara membeli saham dengan mudah, salah satunya dengan mendaftar di sekuritas secara online.

Tetapi, sebelum terjun ke dunia, ada banyak hal yang harus dipelajari para pemula. Bukan hanya modal nekat dan mencoba memiliki modal yang digunakan untuk beli saham diawal saja. Tetapi juga mencoba memahami investasi saham yang sebenarnya. Lantas, apa pengertian saham?  Bagaimana memahami investasi saham? Yk, kita ulik secara lengkap dalam artikel ini.

Pengertian Investasi Saham

Investasi merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan dalam dunia ekonomi yang bertujuan mengelola dana atau kekayaan sehingga menguntungkan baik dalam jangka pendek, menengah atau panjang. Investasi ada banyak jenis dan caranya, salah satunya adalah investasi saham.

Bagi yang belum tahu, saham merupakan modal seseorang ataupun badan usaha dalam sebuah perusahaan, yang mana modal tersebut dapat diklaim pendapatan dan keuntungannya. Semakin besar saham yang dimiliki, maka hak atas asset perusahaan tersebut semakin besar. Hal ini akan menentukan siapa saja yang berhasil mendapatkan kursi untuk Rapat Umum Pemegang Saham atau dikenal sebagai RUPS.

Dalam investasi saham, mereka yang melakukan investasi ini akan mendapatkan keuntungan sebagai pembeli, di antaranya :

  • Dividen atau disebut pembagian keuntungan yang akan diberikan oleh perusahaan terpilih dan berasal dari keuntungan/hasil penjualan produk dan jasa perusahaan tersebut.
  • Capital gain, merupakan selisih antara harga yang didapatkan saat beli dan juga jual. Umumnya mereka yang melakukan perdagangan saham di pasar sekunder memahami cara untuk mendapatkan capital gain pada investasi saham.

Di Indonesia sendiri penjualan dan investasi saham dikelola oleh sebuah badan yakni Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia atau disingkat menjadi BEI merupakan perusahaan BUMN milik negara yang fokus pada investasi saham, jual beli dan badan yang memberikan informasi real time.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Selanjutnya, kita akan bahas keuntungan dan kerugian dari investasi dengan menggunakan saham. Setiap investasi jelas ada kelebihan dan kekurangannya. Namun dalam artikel ini kita akan bahas satu persatu.

Keuntungan Investasi Saham, Uang Besar hingga Cepat

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk investasi:

  1. Pelaporan yang Jelas, Adanya investasi via saham tidak perlu diragukan lagi kualitas perinciannya. Anda yang lebih senang dengan investasi yang jelas dan menyeluruh bisa menggunakan saham sebagai salah satunya. Karena laporan yang diberikan sangat jelas dan tak jarang menampilkan rincian yang transparan.
  2. Menerima Hak Dividen, Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pemilik saham atau investor berhak menerima dividen setelah adanya rapat mengenai keuntungan sebuah perusahaan. Dividen ini tergantung dari besaran dan nominal yang dimiliki oleh anda dalam perusahaan tersebut.
  3. Hak Kepemilikan, Sudah jelas bahwa investor akan menerima hak kepemilikan saham sebuah perusahaan. Anda turut andil dalam mendanai sebuah perusahaan untuk bisa berputar dan mendapatkan keuntungan. Perhitungan saham sendiri memang berbeda setiap perusahaannya. Namun fakta bahwa kepemilikan anda ada dalam perusahaan tersebut berapapun nominalnya adalah hal penting lainnya.

Kerugian/Resiko Investasi Saham, Kehilangan Uang

Selain untung, investasi juga bisa membuat para investor buntung alias kehilangan uang. Apa saja resiko/kerugiannya?

  1. Delisting, Kata siapa kita bisa selamanya menanamkan dana pada sebuah perusahaan. Apabila BEI memutuskan untuk menghapus perusahaan A karena satu dan lain hal maka perusahaan tersebut menjadi perusahaan publik dan namanya tidak akan ada lagi dalam BEI.
  2. Likuidasi, Hal seram lain yang kadang terjadi yakni adanya likuidasi. Bukan hanya kehilangan dana, para investor juga akan dinyatakan bangkrut. Apabila sudah seperti ini pemegang saham hanya akan menerima hak setelah perusahaan berhasil memenuhi kewajiban pada kreditur. Bisa dikatakan pemegang saham hanya mendapat sisa dari keuntungan apabila perusahaan berhasil membayarkan semua kewajibannya.

Tips Mudah Memahami Investasi Saham

Setelah memahami pengertian dari investasi saham, selanjutnya ada beberapa tips mudah agar lebih paham akan investasi saham. Deretan cara yang bisa diikuti dari para investor besar yakni:

1.      Pelajari Teorinya

Sebagai pemula, tentu modal nekat hanya akan membawa anda dalam lubang kerugian. Karena bagaimanapun saham harus dipelajari secara teori dan bersifat real time. Ada yang bilang bahwa ilmu mengenai saham berkembang seiring berjalannya dunia bisnis. Namun ada juga teori lama yang bisa diterapkan dengan mudah. Jadi, jangan malas membaca dan belajar mengenai teorinya khususnya jika masih pemula.

2.      Perbaharui Informasi mengenai Saham

Kunci dari investor yang ingin melakukan penanaman saham dan investasi yaitu informasi. Mereka yang berhasil menentukan keputusan dengan tepat tidak semata-mata sembarangan saja, tetapi mereka akan menentukan keputusan berdasarkan informasi terkini. Ada banyak media yang memberitakan mengenai perubahan, grafik, dan juga harga jual serta beli saham di Indonesia. Bahkan termasuk aplikasi online di ponsel.

3.      Cari Resiko Terkecil

Apabila pemula ingin mencoba melakukan investasi dalam dunia saham maka cobalah dari sekuritas yang kecil karena resikonya pun tidak terlalu besar. Sekuritas dengan biaya kecil seringkali menjadi jawaban mereka yang baru memulai investasi. Khususnya pemula dengan modal yang tidak terlalu besar. Apabila mengalami kerugian dan kehilangan dana, jelas anda tidak akan merasa terlalu rugi karena dana yang ditanamkan tidaklah besar. Jangan lupa belajar dan evaluasi hasil investasi dan kegagalan sebelumnya.

Bukan perkara mudah memang memahami investasi saham. Namun bagi yang tertarik masuk ke dunia saham, pelajari secara baik-baik semua teori dan juga kemungkinan yang ada. Agar tidak menjadi investor yang salah langkah apalagi terlalu tergesa-gesa dan menargetkan dana instan saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top