Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Mau Berbisnis? Mulai dengan Jadi Diri Sendiri

Mau Berbisnis, Mulai dengan Jadi Diri SendiriSiapa yang tak tersentak dengan kisah sukses Mark Zuckerberg? Meski di drop out dari kampusnya, ia tetap sukses dengan Facebook besutannya. Hal ini membuktikan, bahwa menjadi diri sendiri lebih penting ketimbang apapun. Coba bayangkan bila Mark tetap mengikuti teman – temannya fokus kuliah, mungkin belum tentu akan sesukses sekarang.

Kisah tersebut membuat kita berpikir, bahwa salah satu cara paling realistis untuk sukses adalah dengan membuka bisnis UKM.

Belakangan ini bisnis memang menjadi ladang emas yang paling digandrungi. Namun yang jadi persoalan, mereka tidak pede untuk jadi diri sendiri dan memperkenalkan produknya. Alhasil, bagaimana orang bisa percaya kalau Anda sendiri tidak percaya.

Nah, berikut adalah faktor yang membuat bisnis Anda sukses jika percaya pada diri sendiri.

1.       Kepuasan pelanggan

Jangkauan pasar bisnis UKM awalnya memang kecil (hanya segelintir orang). Tapi jika diperhatikan, dengan basis yang lebih kecil, berarti Anda lebih fokus kepada mereka dan memungkinkan Anda dalam hal kepuasan pelanggan.

Kebanyakan perusahaan kerap berebut cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan, sementara waktu untuk memperhatikan apa keinginan mereka justru dikesampingkan. Ini salah. Jadi jangan ikuti mereka, percaya dirilah untuk mementingkan kepuasan pelanggan.

2.       Tawarkan hal yang berbeda

Mengikuti apa yang sedang tren dalam berbisnis juga kerap dilakukan oleh berbagai pebisnis. Ingat, bagi merek baru, akan sangat sulit bersaing dengan mereka, jadi penting untuk melihat peluang yang sekiranya belum banyak dilirik agar Anda dapat memaksimalkan potensi bisnis tersebut.

Maksudnya adalah, berikan konsumen sebuah produk dan pengalaman yang benar – benar unik ketika datang mengunjungi gerai Anda. Sensasi inilah yang akan membuat mereka loyal.

3.       Bangun hubungan

Setelah semua itu Anda lakukan, hal terakhir yang dirasa perlu untuk dilakukan adalah dengan membangun hubungan. Pebisnis UKM pasti punya mimpi untuk menjadi besar, jadi kenapa tidak coba dijalankan. Perbedaan yang Anda tawarkan akan membangun sebuah respect di mata konsumen. Dan jika hubungan Anda baik dengan berbagai pihak, tidak ada yang mempersulit Anda dalam membangun hubungan, mereka justru akan membantu Anda. Tapi tentu saja, semua itu tidak bisa Anda lakukan tanpa percaya pada produk dan diri Anda.

Banyak pebisnis yang memandang jauh ke bintang, namun kenyataan sering menghempaskan mereka kembali ke tanah. Jadi kenapa harus kembali bila sudah terbang tinggi? Just do it. You never know before you try.

 

Sumber: Chamber of Commerce | Foto: The Company Warehouse

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top