Mandala Finance dan PJI Berkolaborasi Dorong Peningkatan Produktivitas UMKM melalui Digitalisasi

Marketing.co.id – Berita Financial | PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) telah berhasil mendorong peningkatan produktivitas dan skala bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Padang melalui program pelatihan dan pendampingan bisnis bernama Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP). Sebanyak 51 pengusaha muda di Kota Padang telah berhasil meningkatkan transaksi penjualan mereka hingga 92,2% dan meraih total omzet mencapai Rp 4,26 miliar.

Program DEEP, yang berlangsung sejak Februari 2023, bertujuan untuk mengasah keterampilan manajemen bisnis, finansial, dan digital para pengusaha muda berusia 18-35 tahun. Melalui pelatihan rutin dan pendampingan intensif, mereka berhasil memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan platform digital serta meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan personal dan bisnis.

Trisno Situmeang, Business General Manager Sumatera Mandala Finance, menyatakan, pencapaian fantastis ini mencerminkan potensi besar sektor UMKM dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur dan pemanfaatan digital telah terbukti efektif dalam meningkatkan kapasitas dan kinerja bisnis mereka.

“Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka untuk terus tumbuh menjadi tokoh muda pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat,” imbuh dia.

Pemerintah Kota Padang juga memberikan apresiasi terhadap keberhasilan program ini. Ir. Hj. Corri Saidan, M.Si., Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Padang, menyatakan, bahwa program DEEP sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta mewujudkan Kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif.

Program DEEP juga mendapat dukungan dari Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto. Menurutnya, program ini dirancang untuk mengokohkan empat komponen fundamental pada para peserta, yaitu pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri untuk berinovasi.

“Berdasarkan pengalaman kami mengelola inisiatif pemberdayaan UMKM di berbagai daerah selama lima tahun terakhir, manajemen operasional dan finansial bisnis yang konvensional serta minimnya penguasaan teknologi digital menjadi faktor penghambat utama bagi para pelaku usaha mikro untuk dapat membuat bisnis mereka naik kelas,” papar dia.

Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP) merupakan bagian dari inisiatif “Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia” PT Mandala Multifinance Tbk yang telah memberdayakan masyarakat di Kota Padang sejak tahun 2023. Program ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memperoleh pengetahuan praktis dan aplikatif yang relevan dengan tren di pasar melalui interaksi langsung dengan pakar bisnis, finansial, dan digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.