Sunday, April 14, 2024
RAYA 2024
HomeDIGITAL & TECHNOLOGYLKPP Luncurkan New Platform E-Catalog di Rakornas Pengadaan 2023

LKPP Luncurkan New Platform E-Catalog di Rakornas Pengadaan 2023

Marketing.co.id – Berita Digital | Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mencatat transaksi pengadaan barang/jasa yang terjadi melalui platform Katalog Elektronik, mengalami peningkatan hampir 90% berdasarkan laporan hingga 27 Oktober 2023.

lkpp
Seorang peserta Rakornas LKPP tengah mencoba platform Katalog Elektronik yang ada di booth LKPP. Rakornas LKPP akan berlangsung pada tanggal 7-8 Nopember 2023 di Menara Bidakara, Jakarta. Foto: marketing.co.id/lialily.

Hal tersebut disampaikan Kepala LKPP, Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengadaan 2023 pada Selasa (6/11) yang berlangsung di Bidakara, Jakarta.

Adapun LKPP mencatat, realisasi PDN terhadap realisasi pengadaan melalui penyedia di tahun 2023 adalah sebesar 90 persen. Angka tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 76 persen.

Sedangkan untuk realisasi produk UMKK terhadap realisasi pengadaan melalui penyedia meningkat dari 36,1 persen menjadi 37,6 persen (data hingga 27 Oktober 2023).

Hendi juga menyampaikan bahwa dari total Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2023, belanja pemerintah senilai Rp1.175,56 triliun dengan sebesar Rp810,92 triliun di dalamnya melibatkan penyedia. Dari angka tersebut baru terealisasi sebesar Rp529,51 triliun atau 65,3 persen dari total yang direncanakan. Artinya masih ada sekitar 34,7% belum terealisasi.

Untuk memacu peningkatan realisasi tersebut yang hanya tinggal dalam hitungan bulan, salah satu yang dilakukan adalah meningkatkan performa sistem pengadaan melalui New Platform Katalog Elektronik yang lebih mudah digunakan.

“Bekerja sama dengan Telkom Indonesia, kami berharap Katalog Elektronik melalui platform baru ini akan dapat dilakukan lebih cepat, transparan, efektif dan efisien sehingga percepatan penyerapan anggaran pemerintah dapat dilakukan sehingga manfaat dapat segera dirasakan oleh masyarakat dan pemerataan ekonomi dapat terwujud,” lanjut Hendi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, yang hadir dalam kegiatan yang sama menyatakan, “Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk kinerja LKPP dalam meningkatkan penggunaan PDN dan UMKK dalam belanja pemerintah. Kami juga ingin mengundang semua pihak untuk melakukan inovasi bersama yaitu membuat sebuah hajatan untuk bersatu dalam pengadaan barang dan jasa yang lebih optimal.”

Tercatat beberapa penjualan terbesar dalam platform katalog elektronik LKPP antara lain laptop, alat kesehatan, makanan dan minuman, software, seragam, akomodasi dan lain-lain.

Marketing.co.id: portal berita marketing dan bisnis.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular