Marketing.co.id – Berita News |Hong Kong dan Indonesia telah lama menjalin hubungan dagang yang erat, mencakup berbagai sektor produk dan jasa. Pada tahun 2025, Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) akan menggelar lima pameran dagang internasional sebagai platform untuk memperluas peluang bisnis di pasar global. Pameran tersebut meliputi sektor mainan, perlengkapan bayi, alat tulis, perhiasan, dan batu permata.
Menurut Mandy Ng, Associate Director HKTDC, pembukaan perjalanan internasional pada Februari 2023 membawa antusiasme baru dari peserta pameran dan pembeli global. “Sejak perjalanan internasional dibuka kembali pada Februari 2023, kami melihat antusiasme peserta pameran dan pembeli global kembali ke Hong Kong. Ini mengukuhkan posisi kami sebagai pusat bisnis dan investasi,” ujar Mandy.
Berikut adalah jadwal lima pameran dagang internasional yang akan diadakan oleh HKTDC:
– Mainan & Games, Produk Perlengkapan Bayi, dan Alat Tulis & Perlengkapan Sekolah Internasional HKTDC Hong Kong: 6-9 Januari 2025
– Berlian, Permata & Mutiara Internasional HKTDC Hong Kong: 2-6 Maret 2025
– Perhiasan Internasional HKTDC Hong Kong: 4-8 Maret 2025
Pada periode 2023/2024, HKTDC telah menyelenggarakan lebih dari 30 acara yang berhasil menarik lebih dari 28.000 peserta pameran dan 511.000 pembeli dari seluruh dunia.
Indonesia sendiri tercatat sebagai mitra dagang terbesar ke-23 Hong Kong, dengan nilai perdagangan mencapai lebih dari USD 3,5 miliar hingga September 2024. Ekspor Indonesia ke Hong Kong mencapai lebih dari USD 1,9 miliar, sedangkan impor dari Hong Kong tercatat sebesar USD 1,6 miliar.

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) akan mengajak anggotanya untuk menghadiri pameran ini guna mengeksplorasi peluang usaha yang ada. Uchi Hardiman, Vice Chairman for Public Relation and Promotion IWAPI, menyatakan pentingnya pameran ini bagi para pengusaha.
“Undangan dari HKTDC adalah peluang besar bagi anggota kami untuk bertemu pembeli, distributor, dan peritel dari seluruh dunia di Hong Kong. Kami berharap bisa ikut berkontribusi dalam pameran internasional ini di masa depan,” ujar Uchi.
Mandy Ng menambahkan, “Kami berharap semakin banyak perusahaan Indonesia yang memanfaatkan peluang ini untuk memasuki pasar global.”
Pameran dagang internasional 2025 yang digelar HKTDC menjadi momen penting bagi hubungan dagang Indonesia dan Hong Kong. Dengan jadwal yang telah dirilis, para pengusaha Indonesia memiliki kesempatan besar untuk memperluas jaringan bisnis dan mengeksplorasi potensi pasar global.