Langkah-langkah Praktis untuk Real-time Marketing yang Sukses

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

real-time marketingMarketing.co.id – Guna memberikan keuntungan yang lebih baik, organisasi pemasaran harus berjuang lebih keras lagi. Konsep real-time marketing memberikan peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui konten yang dinamis dan disajikan di tempat dan waktu yang tepat terlepas dari saluran media apa yang digunakan.

Beralih ke real-time marketing tidak dapat terjadi dalam satu pendekatan saja, melainkan melibatkan perubahan manajemen dan pelatihan, data, dan sistem di tempat untuk mewujudkannya.

Agar berhasil, para pemasar harus mencari langkah-langkah pragmatis agar real-time marketing bisa berjalan sukses. Seperti kami kutip dari  business2community.com, setidaknya ada empat pendekatan khusus untuk real-time marketing yang sukses:

  • Campaign management
  • Dynamic outbound
  • Dynamic inbound, and
  • Cross channel.

Campaign management

Campaign management (manajemen promosi) sangat membentuk blok bangunan keterlibatan pelanggan. Anda dapat memanfaatkan data pelanggan untuk segmentasi, desain proses perjalanan pelanggan, mengeksekusi volume tinggi pesan dalam banyak channel, mengukur hasil, dan mengoptimalkan program pemasaran melalui analisis data dan pengujian.

Aspek penting lainnya untuk manajemen promosi adalah event yang dipicu pengiriman pesan, dan merupakan cara yang bagus untuk memulai real-time marketing.

Pendekatan Dynamic Outbound

Setelah melakukan  manajemen promosi, salah satu pendekatan umum real-time marketing lainnya adalah dengan memanfaatkan outbond channels seperi email. Pendekatan dynamic outbond ini meliputi konten, penawaran, gambar, dan pesan email.

Konsep yang paling mendasar dari real-time marketing mengambil konteks dari pelanggan atau calon pelanggan dan secara otomatis akan menampilkan konten pribadi atau penawaran kepada mereka.

Untuk mewujudkannya, para pemasar dapat menempatkan konten di blok tersendiri di dalam email. Konten untuk blok-blok tersebut dibuat dalam sistem yang tersimpan dalam sebuah katalog.

Konten ini berkumpul di titik pengiriman email, dan dalam beberapa kasus, ini bahkan dapat berubah setelah hits kotak masuk email kontak, tergantung pada tindakan mereka.

Begitu kontak mengklik pada penawaran atau terlibat lebih jauh dengan merek, para pemasar dapat mengumpulkan wawasan, tambahan pelanggan, dan akan mendorong perubahan perilaku konten atau menawarkan dan memberikan kesempatan untuk perbaikan terus-menerus.

Konten bisa disisipkan ke dalam email secara otomatis

Manfaat dari dynamic outbond bagi real-time marketing cukup signifikan. Proses pembuatan segmentasi dan target outbond campaign dengan cepat dapat menjadi rumit dan tidak terkendali.

Melalui pemanfaatan aturan bisnis untuk kelayakan konten serta menjadi prioritas, pemasar dapat mengurangi banyak waktu dan sumber daya yang dihabiskan dalam membuat strategi yang tepat sasaran.

Dengan cara menciptakan penawaran yang lebih bertarget dan konten yang disesuaikan dalam email. Para pemasar dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan, mengembangkan cross-sell, up-selling, dan strategi retensi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik untuk setiap konsumen yang terlibat dengan merek.

Sumber: busines2community

//