Tips Meningkatkan Edgerank Status Facebook

facebook_edgerank

Marketing.co.id – Konten dapat dilihat orang sebanyak mungkin di laman media sosial tentunya menjadi harapan semua orang. Namun, dalam kasus Facebook, semakin banyak jumlah penggemar semakin keras Anda harus bekerja guna memastikan konten Anda muncul.

Banyak orang yang mengeluh tentang Edgerank. Bagi Anda yang belum tahu, Edgerank merupakan algoritma yang digunakan Facebook untuk menentukan apa yang pengguna lihat di newsfeed mereka. Melalui Edgerank inilah ditentukan posting apa yang akan muncul paling atas, tergerus ke bawah, atau tidak muncul sama sekali.   

Algoritma ini benar-benar ada untuk memastikan hanya konten terbaik yang muncul di feed Anda. Jadi, bagaimana Anda memastikan konten muncul di feed secara teratur? Berikut metode terbaik untuk meningkatkan jumlah orang yang melihat konten Anda:

Konsisten

Salah satu kesalahan umum yang sering dibuat adalah mereka posting beberapa kali sehari. Untuk itu pastikan Anda posting secara teratur, setidaknya sekali dalam sehari guna memulai dan bekerja dari sana. Ketika posting mulai tampil lebih baik, maka Anda dapat meningkatkan output untuk waktu yang berbeda.

Pendek dan ringkas

Kemungkinan besar mayoritas pengikut Anda tidak akan membaca sebuah posting yang panjang kecuali Anda memiliki cerita yang sangat menarik untuk dibagi. Jadi, ketika mem-posting sesuatu perlakukan seolah-olah Anda akan posting untuk Twitter.

Kekuatan Gambar

Gambar memiliki pengaruh yang kuat di Facebook. Itu tidak mengherankan bahwa keduanya (konten dan gambar) merupakan yang paling populer  dan paling banyak dibagikan di situs ini. Lihat saja bagaimana desain ulang terbaru Facebook berpusat di sekitar ini.

Utamakan kualitas

Ketika mem-posting konten, Anda perlu mencoba dan memastikan semua posting yang dipublikasikan menarik. Posting dengan banyak link tanpa henti tidak membuat hal itu jadi lebih menarik. Justru akan membuat orang-orang mengabaikannya.

Jadi, daripada mem-posting lima atau enam link sehari mengapa tidak fokus pada satu posting populer saja. Dengan begitu kemungkinan besar Anda akan melihat keterlibatan yang lebih besar dalam jangka panjang.

Jangan hapus kiriman

Terkadang Anda secara tidak sengaja mem-posting sesuatu, atau melihat ada kesalahan ketik. Berhubung Facebook tidak memiliki fungsi edit untuk update status sehingga Anda memutuskan untuk menghapusnya. Jangan menghapusnya karena akan berdampak negatif pada Edgerank Anda.  Jika Anda memiliki kesalahan ketik di dalam status Anda, lebih baik mengakui kesalahan bukan menghapusnya.

Memahami bobot aksi

Tidak ada tindakan yang sama dan berbeda di Facebook yang membawa pengaruh terhadap status edgerank Anda. Hanya satu, berbagi merupakan pekerjaan yang sulit karena memberikan konten kesempatan lebih besar untuk tampil di feed. Selanjutnya datang komentar, likes, dan pada akhirnya mengklik.

Untuk itu, lihatlah beberapa laman – baik yang serupa maupun yang berbeda, dan melihat jenis konten apa yang paling banyak di-share. Hal ini akan memberikan Anda sebuah ide mengenai jenis konten yang dapat dibagikan.

Study insight

Facebook insight hadir untuk alasan yang baik. Meskipun sedikit mengganggu karena dashboard telah mengubah pemberitahuan dengan bagian posting yang dipromosikan.

Dari setiap posting, Anda akan melihat jangkauan, virality dan berapa banyak orang yang berinteraksi dengan itu. Sementara like, share dan komentar memberikan ide, membandingkannya dengan statistic yang akan memberikan gambaran seutuhnya. Juga, jika Anda ingin tahu lebih mendalam, Anda dapat mengunduh spreadsheet yang berisi data dari study insight ini.

Atur waktu untuk posting

Mencari tahu kapan saat yang tepat merupakan kasus trial and error, tapi sekali Anda tahu kapan saat yang tepat untuk mem-posting konten Anda akan melihat keterlibatan yang lebih besar karena akan ada lebih banyak orang yang melihatnya.

Penjadwalan posting akan memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan posting dalam satu hari. Juga, jangan takut untuk mem-posting di akhir pekan karena Anda dengan mudah bisa kehilangan audience di sana jika tidak melakukannya.

Ajukan pertanyaan

Selalu berbicara yang baik ketika terlibat dengan orang-orang. Mengajukan pertanyaan dapat membantu pengikut berbicara dan berinteraksi dengan Anda, selama pertanyaan tidak menggurui.

Menanggapi komentar

Ketika pengguna berusaha berinteraksi dengan Anda, luangkan waktu untuk menanggapi beberapa komentar yang dapat mendorong diskusi ke depannya.

Buat album

Album merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan Edgerank status Anda. Alasannya adalah album memicu klik, memiliki kesempatan lebih besar untuk dilihat, dan selalu tampil berbeda di newsfeed.

Lintas promosi

Kami percaya Anda memiliki lebih dari satu akun media sosial. Kenapa tidak memanfaatkannya. Memang ini harus dilakukan secara hati-hati, tapi ini dapat memberikan posting tertentu “kehidupan baru.”

Promosikan

Jika memiliki sebuah posting yang menarik dan Anda pikir perlu dorongan ekstra, membayar untuk mempromosikannya dapat membantu upaya Anda tersebut.

Itulah beberapa cara meningkatkan jumlah orang melihat status Facebook. Apa upaya Anda untuk meningkatkan jumlah orang melihat konten di laman Anda?

Sumber: businesinsider.com

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.