Marketing.co.id — Berita Marketing | Akhir tahun menjadi waktu yang penuh tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha, terutama UMKM. Dengan adanya lonjakan belanja yang dipicu oleh liburan Natal dan Tahun Baru, permintaan pengiriman barang meningkat pesat. Untuk mendukung kebutuhan logistik selama periode sibuk ini, Lalamove, platform pengiriman on-demand terkemuka di Indonesia, telah mempersiapkan layanan pengiriman yang cepat, aman, dan terjangkau guna membantu UMKM menghadapi lonjakan permintaan.
Andito B Prakoso, Managing Director Lalamove Indonesia, “Berdasarkan data internal Lalamove, akhir tahun merupakan periode yang sangat aktif bagi industri pengiriman dan logistik. Peningkatan konsumsi masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru, serta kebutuhan pengiriman hampers dan produk akhir tahun, mendorong kami untuk mempersiapkan layanan lebih baik lagi untuk memenuhi permintaan ini.”
Pada Desember 2023, permintaan pengiriman dari akun bisnis Lalamove tercatat mengalami peningkatan hingga 15% dibandingkan periode sebelumnya. Peningkatan ini disebabkan oleh kebutuhan logistik yang melonjak, baik untuk pengiriman hampers, distribusi produk, pengangkutan bahan baku, hingga keperluan logistik event besar.
Lalamove, yang dikenal dengan armada kendaraan yang luas dan layanan pengiriman fleksibel, hadir sebagai solusi pengiriman andalan bagi UMKM. Banyak UMKM yang mengandalkan Lalamove untuk memastikan pengiriman produk mereka tiba tepat waktu dan dalam kondisi aman.
“Pada musim liburan seperti Natal, Tahun Baru, Imlek, dan Lebaran, permintaan meningkat hingga 2–3 kali lipat. Dengan Lalamove, pengiriman jadi lebih maksimal,” ujar Johan, Marketing Corica Pastries, salah satu mitra bisnis Lalamove. Johan menambahkan bahwa layanan seperti Lalabag untuk melindungi produk, seperti kue, sangat membantu bisnis mereka dalam menjaga kualitas pengiriman.
Hal serupa disampaikan oleh Elmi, Leader Coordinator Logistik Sarasa Catering. “Lalamove sudah membantu kami selama hampir 4 tahun. Dengan adanya layanan penjadwalan yang dimiliki Lalamove, kami bisa mengatur pengiriman lebih mudah, terutama saat kami menerima order hingga 3000 box per hari,” ungkap Elmi.
Lalamove menyediakan berbagai pilihan armada, dari motor hingga mobil engkel box, yang memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha untuk mengirimkan barang dengan dimensi maupun kuantitas besar. Layanan pengiriman terjadwal, fitur Lalabag untuk keamanan produk, serta dukungan pelanggan prioritas menjadi keunggulan Lalamove dalam membantu operasional bisnis UMKM.
Sebagai tambahan, Lalamove juga memperkenalkan fitur Priority Order, yang memberikan prioritas khusus pada pengiriman mendesak, terutama di peak season akhir tahun, untuk memastikan pengiriman hampers dapat sampai tepat waktu dan dalam kondisi terjaga.
“Fitur Priority Order ini sangat membantu kami memastikan hampers sampai ke tangan pelanggan dengan cepat dan aman. Kami berharap ini dapat mempermudah bisnis selama masa sibuk ini,” kata Andito.