Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

Koperasi Sahabat Mitra Sejati Fokus Kucurkan Pembiayaan ke UMKM

Marketing.co.id Berita UMKM | Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati menegaskan komitmen untuk terus mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Dukungan diwujudkan dalam penyaluran kredit dan fleksibilitas pemenuhan kewajiban terhadap pinjaman sesuai dengan kondisi riil mitra UMKM di tengah tantangan pandemi saat ini.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y Mulyana dalam acara silaturahmi virtual dengan Bapak dan Ibu Theresia Kasiani yang merupakan pengusaha UMKM dan anggota KSP Sahabat Mitra Sejati di Pringsewu, Lampung serta Kariman pengusaha UMKM dan anggota KSP Sahabat Mitra Sejati di Tangerang Selatan. Dalam acara yang berlangsung pada Rabu (04/11/2020), bergabung pula Rudy Mahasin, Direktur Bisnis Mikro Bank Sahabat Sampoerna.

Ceppy mengatakan, pihaknya bersyukur, berkat dukungan penuh dari Bank Sahabat Sampoerna dan mitra strategis lainnya, KSP Sahabat Mitra Sejati tetap dapat menyalurkan pinjaman kepada anggota dan mitra koperasi. Hingga Juni 2020, penyaluran kredit kepada anggota mencapai Rp1,60 triliun.

Baca juga: Butuh Modal? Gojek Beri Akses KUR Bunga 0 Persen untuk UMKM

“Sebagai sahabat UMKM, kunjungan ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian, terutama untuk terus menjaga tali silahturahmi agar kami dapat mengetahui perkembangan usaha para mitra dan anggota dari waktu ke waktu. Setiap tantangan dan permasalahan yang muncul dapat didiskusikan bersama untuk mendapatkan solusi,” ujar dia.

Komitmen KSP Sahabat Mitra Sejati dalam menyalurkan kredit ke UMKM mendapat dukungan penuh dari Bank Sahabat Sampoerna. Rudy Mahasin menegaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19, Bank Sampoerna juga tetap berkomitmen membantu segenap mitra usaha dan UMKM untuk dapat melewati tantangan dan terus bertumbuh.

Pada kuartal III 2020, Bank Sahabat Sampoerna mencatat pertumbuhan kredit sebesar Rp8,42 triliun atau tumbuh 8% dibandingkan yang dicatat pada satu tahun sebelumnya. Sekitar 60% portofolio kredit disalurkan untuk membantu pembiayaan sektor UMKM.

KSP Sahabat Mitra Sejati

Temu virtual Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati dengan anggota dan mitra

Melalui kinerja yang penuh tantangan, Bank Sahabat Sampoerna membukukan laba sebesar Rp39 miliar hingga kuartal III 2020, tumbuh signifikan dibandingkan laba periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat di angkaRp2,5 miliar.

Baca juga: Koperasi Harus Melakukan Digitalisasi

Theresia, anggota KSP Sahabat Mitra Sejati cabang Pringsewu, Lampung dan pengusaha genteng mengaku sudah menjadi anggota KSP Sahabat Mitra Sejati sejak tahun 2017. Omset usahanya saat telah tumbuh berlipat. Pertumbuhan usahanya tersebut didukung oleh dukungan pembiayaan yang diperoleh sebagai anggota KSP Sahabat Mitra Sejati.

“Kami mendapat manfaat pertumbuhan usaha yang signifikan sejak menjadi anggota KSP Sahabat Mitra Sejati. Layanan yang diberikan KSP Sahabat Mitra Sejati sesuai dengan kebutuhan yang kami inginkan,” tegasnya.

Lain halnya dengan Kariman, anggota KSP Sahabat Mitra Sejati di Cikupa, Tangerang. Kariman memulai usaha pembuatan barang dari plastik sejak 2015. Dia mengaku, di tengah pandemi tetap mendapatkan kucuran pembiayaan dari KSP Sahabat Mitra Sejati, sehingga usahanya tetap bergulir.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top