Kenapa Harus Membawa Kartu Kredit Saat Liburan?

shutterstock_206365243Banyak orang yang anti membawa kartu kredit ketika mereka berlibur. Alasannya takut menumpuk utang setelah liburan usai. Padahal, jika Anda menggunakan dengan bijak, kartu kredit mumpuni menghasilkan keuntungan saat liburan. Bahkan bisa menyelamatkan finansial Anda ketika sedang kehabisan uang dan sulit menemukan tempat penukaran mata uang jika Anda berlibur ke luar negeri.

Berikut alasan kartu kredit sangat penting dibawa ketika liburan ;

Bertabur promo menarik

Dengan membawa serta kartu kredit Anda saat liburan, Anda bisa memperoleh promo menarik. Misalnya, mendapat potongan harga dari merchant yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit, memperoleh point rewards, hingga cicilan ringan 0 persen. Di samping itu, bagi kartu kredit yang berafiliasi dengan maskapai penerbangan biasanya memberi fasilitas tambahan bagi pemegang kartu. Seperti, gratis biaya kelebihan muatan, akses Airport Lounge di bandara domestik dan internasional serta potongan harga untuk pembelian tiket maskapai hingga mendapat minuman dan makanan gratis saat berada di bandara. Dan semuanya itu belum tentu bisa dinikmati jika membayar dengan uang tunai.

Ada cadangan kas

Membawa kartu kredit untuk liburan juga memberi hadiah extra. Apa itu? Anda bisa menyimpan tabungan Anda untuk kebutuhan lain seperti mengunjungi berbagai obyek wisata hingga membeli buah tangan. Uang tunai Anda akan tetap utuh dan bisa dipergunakan ketika ada kebutuhan darurat juga saat berlibur.

Proteksi perjalanan

Apabila Anda menggunakan kartu kredit untuk pemesanan pesawat dengan menggunakan kartu kredit maka akan langsung memperoleh proteksi perjalanan. Jika terjadi kecelakaan di tempat liburan atau musibah yang menimpa Anda, seluruh biaya proteksi akan dilindungi oleh asuransi perjalanan. Makanya, jangan lupa untuk selalu membawa kartu kredit Anda.

Pelindung darurat

Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi ketika liburan. Bisa saja di tengah menikmati liburan, uang tunai Anda ternyata habis. Parahnya lagi, jika sedang berlibur di luar negeri, Anda kesulitan mencari tempat penukaran uang. Nah, dengan membawa kartu kredit hal-hal tersebut bisa diatasi Anda bisa meneruskan liburan dengan bersantap di restoran yang menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Lebih praktis

Membawa kartu kredit saat liburan menjauhkan Anda dari pencopet yang mengintai di mana-mana. Di kota-kota modern, menggunakan kartu kredit menjadikan liburan lebih praktis. Misalnya taksi di Singapura membolehkan Anda membayar menggunakan kartu kredit. Hampir semua pembayaran di Singapura juga bisa dilakukan dengan kartu kredit. Begitu pula membayar taksi di Washington DC, Amerika Serikat.

Nah, sebelum Anda membawa kartu kredit ketika liburan ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan pihak bank. Apabila Anda hendak bepergian ke luar negeri dan melakukan transaksi di sana, apakah terkena biaya tambahan atau tidak. Jadi, Anda juga harus jeli. Namun, Anda juga harus menyiapkan uang tunai secukupnya untuk kebutuhan Anda.

Selamat berlibur!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here