Marketing.co.id – Berita Marketing | Perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2021 yang jatuh hari ini adalah momen bagi Blibli untuk kembali mengapresiasi pelanggan yang berkaca dari semangat #KarenaKamuNo1 dan visi untuk menjadi perusahaan e-commerce nomor satu dengan kepuasan pelanggan terbaik.
Untuk itu, berbagai program apresiasi pelanggan diberikan Blibli di momentum Harpelnas 2021. Di antaranya, program tambahan diskon sebesar Rp 100 ribu untuk pelanggan yang bertransaksi pada tanggal 4-5 September 2021 dengan menggunakan BNI Debit/Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Kredit.
Bagi pelanggan baru yang melakukan transaksi pertama tepat pada Harpelnas 2021, yaitu tanggal 4 September 2021, akan mendapatkan kesempatan istimewa yaitu menikmati transaksi belanja dengan cashback sebesar 40 persen. Khusus bagi INFINITE members, Blibli memberikan apresiasi atas kepercayaannya dengan memberikan voucher reward point khusus di akun Blibli Rewards mereka pada tanggal 4-6 September 2021.
“Blibli dirintis dan dibangun dengan prinsip utama yaitu kualitas dan mindset Customer Satisfaction First. Karena itu, berbagai tantangan dan perubahan menjadi pengalaman berharga sekaligus insight bagi kami dalam memahami serta memberikan hanya yang terbaik bagi pelanggan,” ujar Edward K. Suwignjo, Chief Marketing Officer Blibli.
Edward menambahkan bahwa perjalanan Blibli dalam pengembangan layanan selalu melibatkan pelanggan. Di antaranya melalui informasi atau pertanyaan yang disampaikan melalui Customer Care, baik mengenai produk, fitur dan layanan yang sering digunakan. “Dengan begitu, inovasi yang kami hasilkan tidak hanya sesuai kebutuhan, namun juga relevan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan Blibli.”
Blibli juga memberikan pengalaman belanja terbaik dengan menawarkan seleksi produk lengkap dalam 20 kategori, seperti kebutuhan primer, elektronik, hingga keperluan gaya hidup lainnya yang didukung oleh lebih dari 100.000 mitra usaha. Blibli memastikan distribusi barang yang cepat ke seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan didukung 20 gudang barang dan 32 hub yang berlokasi di kota-kota besar.
Dari fitur dan layanan yang terintegrasi secara omnichannel tersebut, saat ini tercatat ada puluhan juta pengguna bulanan aktif di Blibli di seluruh Indonesia. Lalu seperti apa karakter pelanggan ketika mereka berbelanja kebutuhan mereka sehari-hari di platform Blibli? Yuk kita simak!
Layanan pengiriman 2 Jam Sampai, fitur favorit baru
Pemilihan layanan pengiriman yang tepat bisa jadi faktor pengambil keputusan bagi pelanggan. Apakah ada ongkir gratis? Apakah bisa dikirim cepat? Dengan beragam pilihan pengiriman yang didukung armada pengiriman yang dimiliki yaitu BES, juga bekerja sama dengan 27 mitra logistik – terbanyak dibandingkan e-commerce lain – pelanggan pun punya banyak opsi sesuai dengan preferensinya.
Baru diluncurkan tahun ini, opsi pengiriman 2 Jam Sampai menjadi layanan favorit baru pelanggan Blibli. Layanan ini berbeda dengan layanan pengiriman instant yang sering dijumpai, dimana barang akan sampai di konsumen maksimal 2 jam (termasuk waktu proses dan pengiriman) setelah konsumen melakukan pembayaran, bukan 2 jam dalam pengiriman sejak barang diproses oleh penjual (yang bisa memakan waktu lebih lama).
Layanan ini bertumbuh sangat cepat terutama di masa pandemi ini, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang barang yang sifatnya urgent mulai dari kebutuhan dapur, gadget, dan berbagai hal lainnya yang disediakan langsung oleh penjual melalui Blibli. Terkhusus barang tertentu, layanan ini juga tersedia 24/7.
Banyak Pilihan untuk Menjangkau Customer Service Blibli
CS Blibli sangat mudah dijangkau dan dapat dihubungi selama 24 jam setiap hari, melalui enam channel baik melalui: chat; telepon dan Whatsapp (WA), email, Facebook dan Twitter. Dari data operasional Blibli menunjukkan hampir 70 persen pelanggan berinteraksi dengan CS melalui fitur chat.
Paling sering bertanya “Apa spesifikasinya?”
Pertanyaan terbanyak yang diterima CS setiap harinya seputar informasi mengenai spesifikasi produk dan promosi pun menjadi perihal yang harus dijawab oleh CS Blibli. “Kombinasi teknologi dan pendekatan yang humanis menjadi basis melayani pelanggan, tidak hanya di Hari Pelanggan Nasional, kapanpun pelanggan akan terus kami layani dan berikan apresiasi atas kesetiaan mereka. Untuk itu, kenyamanan adalah hal utama yang kami dedikasikan kepada pelanggan agar tetap memilih Blibli sebagai support system mereka dalam hal memenuhi kebutuhan gaya hidupnya,” tutup Edward.
Kesigapan dan pelayanan kelas premium tim CS Blibli ini mendapatkan penghargaan dari The Best Contact Center Indonesia pada 2020, terdiri dari 5 Platinum Award, 5 Gold Award, 1 Silver Award dan 1 Bronze Award.
Berbagai inovasi dan fitur yang dihadirkan Blibli seperti pengiriman cepat, pilihan pembayaran yang lengkap dan terpercaya, jaminan retur 15 hari, hingga CS 24/7 adalah wujud komitmen Blibli dalam memastikan kepuasan pelanggan secara konsisten bisa dirasakan, #KarenaKamuNo1. Selamat Hari Pelanggan Nasional 2021!