Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia, jamu sudah semestinya mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat, terutama milenial.
Konsumsi jamu masih didominasi oleh kalangan usia senior, dimana saat ini konsumsi jamu masyarakat Indonesia masih kalah dari konsumsi terhadap kopi. Jamu dinilai rasanya pahit, aromanya kurang sedap, dan penyajian yang kurang praktis menjadi alasan mengapa jamu kurang diminati kalangan muda.
Mengusung tema “Saatnya Jamu Kembali Jaya”, Air mancur memperingati Hari Jamu Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Mei dengan melakukan beberapa kegiatan melalui aktivitas digital dan kolaborasi dengan depot jamu, pedagang jamu keliling, hingga café jamu di Jakarta, yang bertujuan untuk meningkatkan awareness dan ajakan untuk mengonsumsi jamu khususnya di kalangan anak muda.
Air Mancur menggandeng Karen Nijsen sebagai salah satu selebriti muda untuk mengajak anak muda di Indonesia kembali mengenal dan mengonsumsi jamu. Marketing Manager Air Mancur Damayanti mengatakan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan Air Mancur dalam rangka perayaan Hari Jamu Nasional 2021 mengutamakan pengenalan jamu baik dari segi manfaat untuk kesehatan hingga jamu sebagai peluang usaha.
Kegiatan dimulai dari Talkshow dan Workshop melalui kanal Live Instagram yang merupakan kerja sama antara Air Mancur dan Café Jamune dengan mengambil tema “Meracik Jamu Modern ala Café”.
Selain itu, kegiatan lainnya yang dijalankan adalah kontes Instagram #MbokJamuAirMancurChallenge. Kontes Instagram ini mengajak milenial untuk membuat konten video cosplay menjadi penjual jamu. Harapannya komunikasi melalui konten daring ini bisa meningkatkan awareness generasi muda akan jamu.
Air Mancur akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat, terutama generasi muda agar rajin mengonsumsi jamu, yang selain dapat meningkatkan kesehatan, juga menjaga warisan budaya asli Indonesia.