Jelang New Normal SEID Raih Beberapa Penghargaan

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Sejak awal Maret tahun 2020 industri elektronik di dunia dan Indonesia mengalami tekanan akibat mewabahnya Covid-19. Berbagai kebijakan diterapkan untuk mengamankan negara yang berdampak pada tertekannya sektor industri, terlebih di bidang elektronik yang gagal mencapai pertumbuhan sebesar 10% pada Q1 2020. Kendati demikian PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) berhasil keluar dari tekanan dan dapat mempertahankan performa positif, hal ini dibuktikan dengan raihan 4 penghargaan yang ditorehkan oleh SEID kuartal kedua tahun 2020.

Berupaya untuk beradaptasi dengan keadaan, SEID melakukan berbagai inovasi dari langkah produksi, pemasaran, hingga publikasi. Misalnya saja, aktivitas branding dan pemasaran kini telah mencapai 80% memanfaatkan saluran digital yang dimiliki perusahaan seperti sosial media Instagram, Facebook, Whatsapp, hingga yang berbasis aplikasi seperti SHARP.id dan e-commerce.
Selain beradaptasi, langkah ini juga menjadi dukungan SHARP atas program pemerintah ‘Making Indonesia 4.0’, yang memanfaatkaan penggunaan teknologi dalam pelaksanaanya. Seperti yang diketahui, industri elektronik merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas pemerintah dalam pengembangan program ini. Mampu beradaptasi dengan pendekatan baru ini, SEID dapat bertahan dan bahkan tumbuh di tahun 2020. Hal ini tercermin dari performa penjualan di kuartal pertama tahun 2020, dimana SHARP berhasil mencapai pertumbuhan penjualan produk sampai dengan 155%.

Pada 10 Juni lalu, SHARP secara resmi meluncurkan 2 produk ponsel pintar sebagai lini terbaru di tahun 2020. Melalui langkah ini SEID juga berupaya untuk mengukuhkan diri sebagai perusahaan penyedia alat elektronik yang memiliki lini produk yang lengkap bagi masyarakat Indonesia. Andry Adi Utomo Sr. Sales General Manager PT SHARP Electronics Indonesia menyatakan, SHARP selalu berupaya memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Dengan pertumbuhan produk yang masih konsisten hingga saat ini, membuktikan perusahaan berada di jalur yang tepat,” tutur Andry.

Selain pertumbuhan penjualan, kata Andry upaya yang dilakukan SHARP sepanjang 2020 mendapatkan apresiasi dari pihak eksternal. Sampai dengan pertengahan tahun ini PT SHARP Electronics Indonesia telah meraih enam penghargaan dengan 15 kategori penghargaan prestisius berskala nasional.

SEID
Head Office PT SHARP Electronics Indonesia

Berbagai penghargaan tersebut antara lain, Top Brand Award 2020 untuk kategori Air Purifier di kuartal kedua 2020. Produk penjernih udara dengan teknologi Plasmacluster tersebut dengan Top Brand Index (TBI) sebesar 16.7%.

Penghargaan ini menilai setiap merek lewat tiga aspek yakni, mind share, market share, serta commitment share. Survei dilakukan di 15 kota di Indonesia dengan melibatkan total 12.200 responden.

Penghargaan lainnya yang dibawa pulang SEID adalah The Most Experiental Brand Activation Award 2020, penghargaan tahunan bagi kreativitas brand activation di Indonesia dalam menjangkau target audience masing-masing. Memenangkan kategori “The Best Field Activation 2020”, The Most Experiental Brand Activation Award 2020 mengapresiasi kinerja tim digital perusahaan melalui upayanya agar dapat merencanakan strategi digital campaign yang kreatif dan juga relevan dengan kebutuhan pasar.

Selain skala nasional, SEID juga berhasil meraih penghargaan tingkat regional, seperti Solo Best Brand & Innovation (SBBI) 2020. Penghargaan yang digunakan untuk mengukur kekuatan merek di Kota Solo dan sekitarnya ini berdasarkan riset rutin yang dilaksanakan tiap tahun, berbasis pada kekuatan merek (brand equity). Survei dilakukan dengan multistage sampling sebanyak 14.103 responden yang dilaksanakan oleh Solo Research.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here