JCB dan Sunway Healthcare Group Garap Pasar Wisatawan Medis asal Indonesia

Marketing.co.id – Berita Marketing | Jumlah pelancong asal Indonesia yang melakukan wisata medis ke Malaysia jumlahnya cukup besar. Selain itu, banyak pelancong Indonesia yang menggunakan kartu kredit untuk keperluan berbagai transaksi selama melakukan wisata medis ke negeri tersebut.

Hal tersebut mendorong PT JCB International Indonesia, anak perusahaan JCB International Co. ,Ltd. ( JCB ) dan Sunway Healthcare Group ( SHG ), grup layanan kesehatan swasta terintegrasi di Malaysia untuk berkolaborasi. Keduanya meluncurkan Sunway Healthcare Group untuk lebih meningkatkan kunjungan wisata medis ke Malaysia. Penandatangan kerja sama dilakukan hari ini, di Jakarta (18/1).

Sebagai bentuk kemitraan, Sunway Medical Centre (SMC), salah satu rumah sakit kuartener swasta terbesar di Malaysia di bawah Sunway Healthcare Group di Sunway City, Kuala Lumpur, berencana memberikan paket kesehatan istimewa dan layanan bernilai tambah lainnya kepada pemegang kartu JCB.

SMC menawarkan rangkaian lengkap solusi medis dan bedah dengan peralatan di 28 klinik unggulan, sekitar 700 tempat tidur,500 ruang konsultasi, dan lebih dari 300 spesialis dan 60 spesialisasi medis.

Potongan harga juga akan diberikan oleh Sunway Sanctuary yang juga merupakan bagian dari Sunway Healthcare Group. Sunway Sanctuary menawarkan kehidupan nyaman seperti di desa – desa pensiunan di Jepang dan Australia.  Sunway Sanctuary mencakup 235 layanan antara lain akomodasi, makanan bergizi, kegiatan sosial dan rekreasi, layanan kesehatan seperti pijat , pengobatan tradisional Tiongkok, dan fisioterapi.

Takumi Takahashi, Presiden Direktur dari PT JCB International Indonesia, mengatakan Malaysia adalah salah satu destinasi penting bagi para pemegang kartu JCB di Indonesia untuk berbagai keperluan.

Leisure, shopping, dan layanan kesehatan adalah kunci kategori yang mendorong pertumbuhan signifikan atas transaksi internasional JCB termasuk di Malaysia. Kolaborasi dengan Sunway, khususnya SMC, sangat bermanfaat karena dapat memenuhi seluruh kebutuhan anggota Kartu JCB Indonesia akan layanan kesehatan premium,” tutur Takumi.

Baca juga: MHTC Bidik Wisatawan Medis di Indonesia

Hiroko Michishita, Managing Director JCB International Asia Pacific dengan yurisdiksi atas Singapura dan Malaysia mengungkapkan, jumlah pemegang kartu kartu JCB di seluruh dunia mencapai 156 juta orang.

“Jumlah pemegang kartu kredit JCB di Indonesia sekitar 800 orang, dan Indonesia adalah salah satu penyumbang transaksi terbesar bagi JCB,” tuturnya.

wisata medis ke Malaysia
Penandatangan kerja sama antara PT JCB International Indonesia, anak perusahaan JCB International Co. ,Ltd. ( JCB ) dan Sunway Healthcare Group ( SHG ), grup layanan kesehatan swasta terintegrasi Malaysia

Wisatawan Medis asal Indonesia Dominan di Malayasia

Sebagaimana dikatakan Faith Tang, Asisten Direktur Pengembangan Bisnis Internasional Sunway Healthcare Group, Sunway Healthcare Group mencatat lebih dari 70.000 kunjungan pasien internasional dari lebih 170 negara. Dari total jumlah tersebut, kata Faith, sekitar 65 persen berasal dari Indonesia.

Saat ditanyakan keunggulan wisata medis Malaysia dibandingkan Singapura, yang juga banyak dikunjungi wisatawan medis asal Indonesia, Faith menandaskan, Singapura 20 tahun lebih awal melakukan branding sebagai destinasi wisata medis dibandingkan Malaysia.

“Jika Anda pergi ke Singapura untuk berobat, separuh dokter di Singapura berasal dari Malaysia. Dari segi harga beda tapi kualitas sama saja. Ada tren setelah pandemi dimana biaya pengobatan sangat tinggi, sehingga ada permintaan dari perusahaan asuransi untuk mengalihkan pengobatan dari Singapura ke Malaysia, karena perusahaan asuransi juga ingin menghemat saat klaim sangat tinggi,” paparnya.

Baca juga: Alodokter Bermitra Dengan PERKEDWI Dukung Dokter di Daerah Wisata

Dr khoo Chow Huat, Sunway Healthcare Group Managing Director (Hospital and Healthcare Operations), menegaskan sebagai salah satu rumah sakit kuaterner terkemuka di Malaysia, pihaknya berkomitmen memberikan perawatan terbaik di kelasnya yang didukung oleh spesialis yang terlatih secara internasional dan teknologi terkini.

“Kemitraan strategis ini merupakan win-win solution bagi kedua belah pihak. Sebagai penyedia layanan kesehatan, kami berupaya memberikan perawatan holistik dan lingkungan yang mendidik agar pasien merasa nyaman, sementara JCB memberikan layanan bernilai tambah kepada pelanggannya melalui kemitraan ini,” tutur Dr khoo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.